Kamis, 03 Jan 2019 12:24 WIB

Moge Honda CBR1000RR dan Yamaha FZ-1 Dibiarkan Berdebu

Luthfi Anshori - detikOto
Moge dibiarkan berdebu Foto: Pool (mekanika.com.my) Moge dibiarkan berdebu Foto: Pool (mekanika.com.my)
Jakarta - Kalau di Indonesia, memiliki moge jadi impian setiap pengendara roda dua. Karena selain menawarkan ketangguhan saat di jalanan, moge memiliki magis tersendiri. Jika sudah memiliki, saking sayangnya semut pun tidak boleh berada di atasnya.

Moge BerdebuMoge Berdebu Foto: Pool (mekanika.com.my)


Namun berbeda dengan penampakan beberapa moge ini yang terdiri dari Yamaha FZ-1 dan Honda CBR1000RR di Mumbai India. Beberapa moge terbengkalai ini terlihat terparkir di kantor Kepolisian Andheri, Mumbai, India.

Motor-motor yang diparkir di ruang terbuka itu tampak tidak terawat dan sudah diselimuti debu yang sangat tebal. Selain, moge 1.000cc, ada juga motor 600cc, yakni Honda CBR600RR edisi Konica Minolta yang termasuk barang koleksi paling dicari.

Seperti dilansir dari situs mekanika.com.my, jajaran moge yang terbengkalai itu adalah hasil barang sitaan dari para pemilik yang mengimpor motor tersebut secara ilegal.

Moge berdebuMoge berdebu Foto: Pool (mekanika.com.my)


Di India sendiri, pajak motor impor memang cukup besar. Apalagi India juga punya kebijakan yang melindungi produk motor lokal, sehingga negeri ini melarang impor motor 600cc.

Efeknya, para konsumen yang ingin membeli motor gede dengan harga terjangkau akhirnya mencarinya melalui jalur ilegal agar bebas dari pajak yang mencekik.

Selama bertahun-tahun, pemerintah India sudah melakukan operasi mencari moge-moge ilegal ini di bengkel-bengkel yang dicurigai.

Motor-motor yang kena operasi akan langsung disita, dan pemilik perlu membayar denda dan cukai yang tinggi. Pemilik yang tidak peduli lantas membiarkan motornya 'membusuk' begitu saja di kantor Kepolisian. Hmm, jangan ditiru ya Otolovers. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed