Senin, 31 Des 2018 14:19 WIB

Gesits Siap Bertarung dengan Motor 125 cc

Ruly Kurniawan - detikOto
Harun Sjech beraksi dengan motor Gesits (Foto: 20Detik) Harun Sjech beraksi dengan motor Gesits (Foto: 20Detik)
Jakarta - PT Gesits Technologies Indo (GTI) bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bakal meluncurkan motor listrik nasional Gesits awal 2019.

Gesits siap menantang produsen raksasa otomotif lainnya. Dilengkapi tenaga 5 kW, motor akan berhadapan langsung dengan roda dua berkapasitas 125 cc yang sudah beredar di pasaran saat ini.

CEO GTI Harun Sjech dalam sebuah wawancara ekslusif bersama detikOto mengatakan, Gesits dikembangkan sesuai dengan motor yang sekarang beredar di jalanan. Sehingga mulai dari bentukan sampai tenaga yang dihasilkannya akan mirip-mirip dengan motor bermesin 125 cc.



"Gesits memiliki posisi yang unik karena motor memiliki baterai bermuatan 5kW. Motor listrik di Indonesia saat ini kan rata-rata masih memakai yang di bawah 2kW (kecepatan rata-ratanya 60 km/jam). Nah kalau Gesits bisa melaju sampai 120 km/jam," papar Harun di Jakarta.

"Desainnya pun kami buat menyesuaikan dengan motor-motor yang saat ini beredar. Jadi Gesits merupakan substitusi dari roda dua yang sudah ada sehingga kami merancang positioning Gesits setara dengan motor 125cc," lanjutnya.

Terkait batas berat yang dapat ditampung oleh motor, Harun mengatakan cukup. Ya, walau tidak dijelaskan secara detil angkanya. "Motor ini bisa mengangkat beban atau orang dengan cukup, sesuai dengan motor yang ada saat ini," jawabnya.

Tapi sayang, Gesits belum dilengkapi bagasi. Sebab bagian tersebut dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan baterai dan juga aneka perangkat elektronik lainnya.



Sebagai gantinya, Gesits akan menyajikan teknologi yang siap memanjakan pemiliknya. Satu diantaranya ialah handphone multifungsi. "Ada gadget yang tersimpan di dashboard Gesits. Dari sana pengemudi dapat melihat berbagai indikator motor seperti odometer dan lainnya. Ketika motor sedang tidak digunakan, gadget tersebut bisa dipakai layaknya handphone biasa," tutup Harun.

Tonton Buka-bukaan CEO Gesits Technologies Indo Harun Sjech:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com