Kamis, 20 Des 2018 08:29 WIB

Sabar, Honda PCX Listrik Nggak Lama Lagi Masuk ke Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Honda PCX Electric. Foto: Agung Pambudhy Honda PCX Electric. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Honda PCX Electric sejatinya sudah diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) November lalu. Namun saat itu, skuter listrik ini hanya dipamerkan saja dan belum akan dijual di Indonesia.

Sementara itu, di pasar Jepang, PCX Electric sudah mulai dijual meskipun untuk kalangan terbatas, yakni untuk pembeli borongan dan pemilik tunggal, serta kalangan pemerintah. Unit yang dijual pun dikabarkan terbatas hanya sekitar 250 unit saja.


Lalu untuk pasar Indonesia, kapan Honda PCX Electric resmi dijual? Berbicara di sela - sela perhelatan MotoGP Street Experience RC213V-S di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, kemungkinan besar PCX Electric dijual di Asia Tenggara mulai 2019.

"Honda PCX Electric sudah dijual di Jepang. Mungkin tahun depan akan mulai dipasarkan untuk negara - negara di pasar ASEAN," terang Inuma. Ditanya kembali apakah Indonesia jadi salah satu yang menjual PCX Electric, pria yang doyan turing ini menjawab diplomatis.

"Segera untuk pasar Indonesia. Tidak akan lama lagi (PCX Electric dijual)," pungkasnya.

Sebelumnya Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, mengatakan tahun depan Honda akan mulai bermitra dengan pemerintah untuk pengembangan motor listrik.

"Kita sejauh ini motor listrik masih motor konsep ibaratnya, tapi mudah-mudahan mungkin di tahun depan mulai eksperimen dengan pemerintah," ungkap Thomas.


Sama seperti produsen otomotif lainnya, AHM kini masih menunggu rumusan final regulasi kendaraan listrik di Indonesia berikut kesiapan infrastruktur penunjangnya.

"Karena kita terus pelajari banyak hal kan juga terkait dengan infrastruktur, kemudian regulasi-regulasi kan mesti kerja sama dengan pemerintah juga," pungkas Thomas.



Tonton juga video 'Kenalin Nih, PCX Bertenaga Listrik':



Sabar, Honda PCX Listrik Nggak Lama Lagi Masuk ke Indonesia
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com