Kamis, 13 Des 2018 18:46 WIB

Pemprov DKI Ingin Angkot Sampai Bus di Jakarta Pakai Kendaraan Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Asisten Deputy Gubernur Bidang Transportasi Setda DKI Sunardi Sinaga percaya bahwa kendaraan listrik merupakan salah satu solusi untuk mengurangi efek rumah kaca di Indonesia. Sehingga diharapkan penggunaan motor dan mobil lisrik tidak hanya untuk pribadi saja tapi juga kendaraan umum.

Untuk mengamini harapan tersebut memang masih membutuhkan waktu. Sebab infrastruktur seperti sistem dan tempat pengisian daya baterai umum masih perlu diperbincangkan.


"Memang tak dapat serta-merta kendaraan listrik dapat diterapkan secara masif. Sistem hingga tempat pengisian baterai harus diperbincangkan. Namun kedepannya, saya harapkan kendaraan listrik tidak hanya digunakan oleh pribadi saja tapi juga transportasi umum," ucapnya di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

"Yah, mungkin angkot atau bus gitu (kendaraan listrik), Jadi polusinya berkurang," lanjut Sunardi.

Di lain sisi, guna mempercepat era kendaraan listrik pemerintah sedang mengupayakan menyelesaikan Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan listrik. Diwacanakan, payung tersebut akan mulai ditanda tangani pada awal 2019.

"Targetnya awal 2019, makin cepat makin bagus. Karena sudah semakin menggeliat kencang di Indonesia mobil listrik," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.


Dia mengatakan draf Perpres tersebut sekarang sedang 'dikoreksi' oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim). Sebelumnya draf Perpres telah melewati proses kajian panjang di beberapa Kementerian, termasuk Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Perindustrian.

"Saat ini sedang dalam penyelarasan. Dari ESDM sudah, Perindustrian sudah, sekarang sedang diselaraskan di Kemenkomaritim," kata Moeldoko.


Tonton juga 'Bus Listrik Mobil Anak Bangsa Bakal Beroperasi di Bandara':

[Gambas:Video 20detik]

Pemprov DKI Ingin Angkot Sampai Bus di Jakarta Pakai Kendaraan Listrik

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com