Minggu, 09 Des 2018 20:41 WIB

Di Sentul, CBR Cepat Berlari, CBR Cantik Bergaya

Robi Setiawan - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Bogor - Sebanyak 250 peserta mengikuti seri terakhir Indonesia CBR Raceday (ICE Day) 2018 di Sirkuit Internasional Sentul pada Minggu (9/12/2018). Para peserta dibagi ke dalam dua kelas, yakni 150cc dan 250cc yang setiap kelasnya dibagi lagi untuk beberapa komunitas.

Para peserta pun tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Sejak pukul 08.00 pagi tadi peserta sudah hadir dan menyiapkan segala kebutuhannya. Bukan hanya bersiap untuk dibalapkan, peserta pun menyiapkan motornya untuk diikutkan dalam lomba modifikasi.



"Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang datang ke sini tapi masih belum berani turun ke lintasan. Jadi bagi yang suka modifikasi bisa juga datang ke Indonesia CBR Race Day. Kita akomodasi keinginan mereka," ujar Ketua Pelaksana ICE, Iwan Suryo di sela-sela acara di Sentul, Bogor, Minggu (9/12/2018).

Iwan pun menjelaskan kontes modifikasi ini diikuti sekitar 20 pendaftar dari 20 member komunitas di seputar Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Tangerang. Dari 20 peserta modifikasi disaring oleh panitia hingga menyisakan 3 motor peserta dengan modifikasi terbaik.

Kontes Modifikasi CBR. Kontes Modifikasi CBR. Foto: Luthfi Anshori


Selain modifikasi motor secara langsung, panitia pun sebelum ini telah mengadakan acara CBR250RR Virtual Modif Challenge (VMC). Karena proses modifikasi dilakukan secara virtual, peserta yang daftar pun mencapai ratusan.

Juara pertama CBR 250RR VMC ini adalah Muhaimin Firdaus yang mengusung tema Fury Dragon. Sebagai juara pertama dirinya berhak merealisasikan desain virtualnya ke motor CBR 250RR dalam wujud aslinya. Motor hasil desainnya dipajang di acara ICE Day 2018 ini.



Keseruan tidak hanya sampai di situ karena di lokasi acara ICE Day 2018 para pengunjung yang tidak terlibat di lomba race atau modifikasi juga bisa menikmati berbagai permainan yang disediakan panitia. Permainan itu di antaranya adu pukul (menguji kekuatan pukulan) dan mencoba menaiki besi berputar.

Acara juga semakin meriah karena beberapa artis ibu kota turut hadir di tengah-tengah para peserta, di antaranya ada Poppy Sovia dan Fachri Muhammad. Dalam kesempatan ini Poppy turut menjadi MC dalam sesi CBR Modif Coaching Clinic, sedangkan Fachri berkesempatan mencoba motor Honda CBR 250RR baru dan RC213V-S.

Usai menjajal keduanya, Fachri terkagum dengan performa CBR 250RR baru dan RC213V-S. Menurutnya untuk kelas 250cc, CBR 250RR baru ini memiliki tenaga/power yang paling besar dibanding motor 250cc lain yang pernah dicobanya.

Sedangkan kesan menggunakan RC213V-S dirinya mengaku terkagum bisa merasakan motor replika dari motor yang digunakan Marquez.

"Motor ini (RC213V-S) adalah motor replikanya yang dipakai sama Marquez waktu 2013 dia juara dunia. Motor ini yang saya cobain yang street legal itu ada lampunya ada spion, pokoknya lengkap jadi bisa dipakai di jalan umum, cuma yang jelas gak isa boncengan," ungkap Fachri. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com