Jumat, 16 Nov 2018 16:29 WIB

Berapa Batas Kecepatan Ideal Motor Saat Berkendara di Kondisi Hujan?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Foto: Antara Foto Ilustrasi Foto: Antara Foto
Jakarta - Beberapa wilayah di sekitar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) mulai diguyur hujan yang cukup intensif akhir-akhir ini. Nah, buat Otolovers yang sering berkendara motor dalam kondisi hujan, wajib hati-hati karena trek yang sudah pasti licin dan banyak genangan air di mana-mana.



Dijelaskan Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda Agus Sani, pemotor harus membatasi kecepatan kendaraan saat riding dalam kondisi hujan.

"Pada saat berkendara di kondisi jalan basah sebaiknya kecepatan dikurangi, jangan disamakan dengan saat jalan kering. Karena saat hujan, daya cengkeram ban ke permukaan jalan menjadi berkurang," bilang Agus, melalui pesan singkat kepada detikOto, Jum'at (16/11/2018).



Menurut Agus, saat berkendara dalam kondisi hujan, biker tidak boleh memacu motor lebih dari 50 km/jam. "Untuk amannya, maksimal 50km/jam," lanjut Agus.

Berkendara secara hati-hati dan perlahan saat musim hujan tidak hanya untuk mencegah potensi terjadinya kecelakaan. Tapi yang penting juga, supaya kotoran tidak menyiprat ke badan pengendara dan sesama pengendara motor lain. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed