Jumat, 16 Nov 2018 14:00 WIB

Banyak Pengguna Vespa Gunakan Part Racing untuk Harian

Luthfi Anshori - detikOto
Scooter VIP Foto: Luthfi Anshori Scooter VIP Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Vespa merupakan merek skuter asal Italia yang kental dengan nuansa klasik dan elegan. Tapi hal tersebut ternyata tidak selamanya benar. Sebab banyak juga pengguna Vespa di Indonesia yang berorientasi ke arah performa.

Modifikasi ke arah performa yang dimaksud adalah dengan melakukan peningkatan kapasitas mesin (bore up) atau melakukan ubahan di sistem transmisi.

"Kebanyakan anak Vespa klasik dua tak yang kayak gitu," ujar owner Scooter VIP Dennil Sagita, kepada wartawan, di Tebet Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).



Masalahnya, Vespa yang telah dijejali part racing tersebut tidak digunakan di habitatnya, yakni sirkuit. Malah banyak yang menggunakannya untuk harian (daily use). Padahal itu bisa menimbulkan kerugian.

"Banyak yang salah kaprah. Padahal part part-part mahal yang dibeli itu labelnya for race only, tapi mereka malah gunakan untuk harian atau untuk touring. Akhirnya mereka yang rugi juga, mesin bisa jebol di tengah jalan," lanjut Dennil.

Menurut Dennil, motor yang sudah pakai komponen full spek balap harusnya digunakan sesuai tempatnya, yakni di sirkuit. Sebab komponen racing punya spek dan karakter yang berbeda dibanding komponen OEM.

"Part racing punya spek berbeda dan ditujukan untuk kekuatan saat digunakan dalam intensitas tinggi. Sementara untuk umur atau durabilitasnya, tentu saja tidak seawet part original. Jadi gunakan sesuai peruntukannya," pungkas Dennil.



Tonton juga 'Vespa Primavera Spesial Lahir di Ulang Tahunnya ke-50':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed