Bisakah Yamaha Mio Pakai ABS seperti FreeGo?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 13 Nov 2018 07:20 WIB
Yamaha FreeGo. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Produk baru keluaran Yamaha untuk kelas 125 cc, FreeGo, seolah menjadi pembeda di antara kompetitornya. FreeGo untuk segi pengereman sudah dibekali teknologi Anti-Lock Brake System (ABS).

Menurut General Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, ABS yang dipasang pada FreeGo masih di level untuk pemula. Ia juga mengungkapkan cost untuk penyematan fitur ABS pada motor terbilang lumayan.



"Sebenarnya tanpa ABS pun teman-teman bisa ABS jika memahami tekniknya. Tapi itu tidak berlaku di motor pemula, tapi kan ABS yang dipasang (Yamaha FreeGo) level beginner atau level 1. Menurut saya ini menjadi selling point, terutama untuk beginner rider, ABS-nya satu channel. Penambahan (cost) dibanding non-ABS lumayan," ungkap Abidin.

Setelah diterapkan di FreeGo, mencuat ke permukaan sebuah pertanyaan, dapatkah disematkan juga pada Mio Series?

"Tidak bisa, karena ECU berbeda. Kompleksnya di ECU, untuk membaca sensor," ungkap Abidin.



Sebagai informasi untuk menggunakan fitur ABS sebenarnya tidak berbada dengan motor bersistem pengereman biasa. Hanya saja ABS bekerja optimal kerika mengendara melakukan hard braking atau panic braking (rem mendadak).

Menyoal harga, memang ada selisih jumlah antara FreeGo versi standar dengan ABS. FreeGo hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp. 18.500.000 OTR Jakarta untuk FreeGo standard, Rp.19.700.000 OTR Jakarta untuk FreeGo S, dan Rp.22.500.000 OTR Jakarta untuk FreeGo S ABS.

FreeGo punya beragam pilihan warna yang menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey. (rgr/rgr)