Jumat, 09 Nov 2018 12:35 WIB

Orang Thailand Suka Motor Sport, Indonesia Pilih Skutik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha MT-15 atau Xabre terbaru meluncur di Thailand. Foto: Dok. Sornuch Yamaha MT-15 atau Xabre terbaru meluncur di Thailand. Foto: Dok. Sornuch
Jakarta - Yamaha di Thailand sudah meluncurkan MT-15 atau pengganti M-Slaz (di Indonesia dijual dengan nama Xabre) pada Oktober 2018 lalu. Banyak yang mengira motor naked sport 150 cc itu juga akan diluncurkan di Indonesia.

Namun, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sampai saat ini belum meluncurkan MT-15 untuk pasar otomotif Indonesia. Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM), Minoru Morimoto, mengatakan motor jenis itu memang ada pasarnya, tapi tidak terlalu besar.



"Penjualan di segmen 150 cc naked memang besar. Tapi yang memiliki keunikan seperti Xabre tidak terlalu besar," kata Morimoto.

Menurutnya, motor jenis itu memang populer di Thailand. Berbeda dengan Indonesia yang lebih populer motor jenis skuter matik (skutik).

"Konsumen Thailand dan Indonesia berbeda. Pasar Thailand lebih berorientasi kepada motor sport yang lebih besar. Tapi di Indonesia lebih ke skuter. Mungkin karena macet, skutik lebih baik (di Indonesia)," kata Morimoto.

Di Thailand, Yamaha MT-15 dibanderol 98.500 baht. Kalau dirupiahkan, artinya harga motor itu tembus Rp 45,6 jutaan.



Bicara soal pembaruan motor naked ini, perubahan paling kentara ada di sektor headlamp. Lampu depan MT-15 kini didesain lebih gahar dan agresif mirip MT-10.

Detail ubahan selanjutnya ada di bagian shroud yang sekarang bentuknya lebih proporsional, dan lebih kekar. Makin keren karena ada semacam jaring-jaring penyalur udara di ujung shroud.

Geser ke belakang, bentuk jok All New MT-15 kini dibuat model tandem alias menyatu. Pastinya lebih nyaman dibuat boncengan.

Sementara dari segi mesin, kabarnya sudah mendapat teknologi VVA dan slipper clutch mirip seperti yang diaplikasikan di All New Yamaha R15 dan V-Ixion R.




Tonton juga 'Transformasi Munaroh, Sang 'Petarung Jalanan':

[Gambas:Video 20detik]





Orang Thailand Suka Motor Sport, Indonesia Pilih Skutik
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed