Senin, 05 Nov 2018 16:46 WIB

Motor Listrik Terjang Banjir, Amankah?

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi motor listrik Motor Listrik Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Industri otomotif dalam negeri sudah mulai merambah ke segmen motor listrik. Tentu semakin majunya teknologi turut disambut positif masyarakat Indonesia, sebagai bukti telah lahir Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik).



Namun seringkali masih terdapat kekhawatiran di tengah masyarakat perihal ketahanan daya baterai, terutama saat melintasi hujan dan banjir yang kerap terjadi di tanah air. Bila kendaraan konvensional seringkali bermasalah saat menerjang banjir, bagaimana dengan kendaraan listrik?

Guna menjawab rasa penasaran, salah satu anggota kosmik, Ongko berbagi pengalaman terkait masalah tersebut dalam gelaran Indonesia Motor Show 2018 kemarin.

"Jadi untuk gerimis, hujan aman, hujan deras aman, banjir saran kita kalau terpaksa lewati banjir itu jangan sampai berhenti, harus lewat," ungkap Ongko.



"Setelah lewati banjir standar dua, gas terus sampai air keluar dari dinamo, kedua tidak direkomendasikan untuk controller kena air itu komponen yang paling tidak bisa kena air," ungkap Ongko.

Posisi controller, kata dia, menjadi patokan seberapa kuat motor listrik bisa menerjang banjir. "Jadi pastikan di mana posisi controller, ada di bawah kaki kah? itu adalah batas kendaraan air yang harus dijaga, cara mengetahuinya saat membeli tanya kepada penjual di mana posisinya," jelas Ongko.



Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri perwakilan pihak Bosch dari Jerman, yang menjadi penyuplai baterai dan komponen motor listrik Viar. Ia mengatakan kalau posisi ECU sebaiknya dalam posisi yang lebih tinggi dari air.

"Sebenarnya ECU sudah waterproof karena sudah menggunakan IP 5 dan 6, di mana generasi selanjutnya akan lebih di tingkatkan water protectionnya, tapi jangan sampai terendam juga karena lebih berisiko," sambung Marketing dan Product Management Bosch Jan Steppat. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com