Rabu, 31 Okt 2018 20:38 WIB

Dear Pemotor, Begini Caranya Biar Nggak Neduh di Kolong Jembatan

Dina Rayanti - detikOto
Pemotor berteduh di kolong jembatan. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pemotor berteduh di bawah kolong jembatan saat musim hujan mungkin menjadi pemandangan yang bakal sering kita lihat. Kebanyakan berteduh karena tidak membawa jas hujan atau mungkin hujan terlalu deras sehingga mereka memutuskan untuk berhenti sejenak.

Namun hal itu justru menyusahkan pengguna jalan lain. Akses yang melintasi kolong jembatan menjadi terhalang karena para pemotor yang berteduh.


Sebenarnya ada cara pencegahan bagi pemotor itu sendiri sehingga ia tak perlu berhenti di kolong jembatan untuk berteduh ketika hujan. Selain membawa jas hujan, ada baiknya untuk mengecek perkiraan cuaca ketika pemotor itu hendak melintas.

"Update terhadap situasi cuaca dan lalu lintas yang akan dilalui," terang Instruktur Rifat Drive Labs Andry Berlianto kepada detikOto, Rabu (31/10/2018).

Andry juga menambahkan para pemilik kendaraan harus rajin mengecek kondisi motornya secara rutin agar kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

"Kesehatan kendaraan karena kerap terlihat kendaraan mogok akibat hujan atau banjir dan lain-lain," tambah Andry.

Selain menghambat perjalanan, pemotor yang kerap berteduh di bawah kolong jembatan juga dinilai membahayakan. Pihak kepolisian pun bakal menindak pemotor yang kedapatan berteduh di bawah kolong jembatan.


Pemotor ini akan ditegur terlebih dahulu dan diminta untuk tidak berteduh di bawah kolong jembatan. Jika pemotor tersebut menolak hukuman denda Rp 250 ribu atau kurungan penjara selama satu bulan pun siap dikenakan.

"Berteduh di bawah kolong jembatan dapat mereduksi ruang lalu lintas dan dapat mengganngu keamanan, kelancaran dan keselamatan lalu lintas," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto.

Sanksi untuk mereka yang berteduh di bawah flyoverSanksi untuk mereka yang berteduh di bawah flyover Foto: Kiagus
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com