Rabu, 24 Okt 2018 14:35 WIB

Kurs Dolar Menguat, Harga Helm Impor Ikut Naik

Luthfi Anshori - detikOto
Helm Impor Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Menguatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah turut mempengaruhi sektor industri otomotif dan industri pendukungnya. Salah satu industri yang terdampak adalah merek helm impor.

Contohnya adalah helm impor asal Vietnam, Zeus. Harga seluruh line up helm ini terkoreksi naik beberapa persen sejak bulan lalu. "Ya, akibat dolar, harga seluruh model helm Zeus rata-rata naik sekitar 8 persen dari harga normal, sejak per 1 September (2018) kemarin," ujar owner Boss Bikers Dani Sena, di sela-sela pembukaan gerai Boss Bikers, di Palmerah, Jakarta Barat (24/10/2018).



Meski harganya sudah naik hingga 8 persen, Dani mengklaim penjualan helm tetap stabil. "Nggak terlalu pengaruh ke penjualan sih ya. Karena harga helm Zeus ini memang sudah terjangkau. Jadi tetap banyak konsumen yang cari. Selain itu, harga Zeus untuk saat ini pun sudah normal kembali," lanjut pria berkaca mata ini.

Helm imporHelm impor Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Lantas bagaimana dengan merek helm impor lainnya seperti AGV, apakah terdampak penguatan kurs dolar juga?. "Untuk helm AGV belum ada kenaikan harga sih. Masih stabil karena kursnya ikut Euro," pungkas Dani, yang juga menyediakan helm Bell dan RSV di gerai barunya.



Bisnis helm di Indonesia sendiri saat ini memang cukup menjanjikan karena banyaknya pengguna motor di Indonesia. Dilihat dari fungsinya, helm saat ini tidak lagi sekadar sebagai perangkat safety berkendara. Tapi juga sebagai perangkat yang mendukung lifestyle para bikers.

Untuk memperluas aspek bisnis, gerai helm juga mulai aktif melakukan penjualan melalui platform e-commerce. "Penjualan helm saat ini memang mulai berubah ke sistem penjualan online, tapi masih banyak juga pembeli yang langsung datang ke toko biar bisa mencoba langsung produk helm yang ingin dibeli," pungkas Dani.



Tonton juga 'Bisnis Helm Retro, Keisengan yang Mendatangkan Peluang':

[Gambas:Video 20detik]

(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com