Kamis, 11 Okt 2018 16:36 WIB

Yamaha R25 Terinspirasi dari Tunggangan Rossi dan Vinales

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha Kenalkan R25 dan R3 Generasi Terbaru. Foto: Pradita Utama Yamaha Kenalkan R25 dan R3 Generasi Terbaru. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi merilis Yamaha R25 untuk pasar global. Motor yang diproduksi di Indonesia ini dipastikan akan melenggang ke beberapa negara di Asia, Amerika, hingga Eropa.

Minoru Morimoto selaku President Director & CEO YIMM mengatakan peluncuran model baru ini membawa DNA R1 dan R Series.

"Yamaha R25 dan R3 mengusung DNA Yamaha R1 yang hari ini menginjak usia 20 tahun dan telah berjaya di segala lintasan balap di dunia," terangnya di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat saat acara peluncuran global Yamaha R25 dan R3, Kamis (11/10/2018).



Dalam kesempatan peluncuran dia juga mengungkapkan bahwa R25 yang akan dipasarkan di Indonesia terinspirasi dari tunggangan balap Yamaha YZR-M1 seperti yang digunakan oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales di ajang balap MotoGP.

Lantas ubahan apa saja ya yang terjadi?

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri Hasegawa Michimaru, Project Leader Divisi SP Design Group Yamaha. Ia menuturkan, banyak ubahan terjadi dari segi desain dan bentuk R25.

"Pengaturan rigidity dan suspensi yang dioptimalkan sehingga nyaman untuk sport dan harian, seperti bentuk setang underyoke yang turun 20 mm dari versi sebelumnya," ucap Hasegawa.

Lebih lanjut, fairing dan cover tangki yang disematkan pada Yamaha R25 cukup berbeda dengan versi sebelumnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bentuk motor R25 terinspirasi dari YZR M1 sehingga kesan aerodinamis pun mencuat kala melihat tampilan terbaru dari R25 ini.

Ia juga menyinggung bobot kosong dari R25 yang sudah mengalami pengurangan, saat ini bobotnya mencapai 166 kg (non ABS) dan 169 kg (ABS).



Memang kalau secara tampilan yang paling kelihatan adalah bagian suspensi depan yang sudah menggunakan Upside Down berkelir emas. Sementara pada bagian cockpit turut didesain menyerupai Yamaha R1 mulai dari bentuk speedometer full digital.

Pada sistem penerangan lampu depan dan belakang juga sudah menggunakan LED, tapi ciri khas baru pada R25 dan R3 bila dilihat dari depan terdapat air scoop yang membelah lampu, semakin garang nggak Otolovers?

Model tahun 2019 ini dibekali dengan tiga varian warna yakni, Biru khas motor sport Yamaha, Merah Matte, dan Hitam Matte.

Namun saat peluncuran tersebut belum disinggung performa mesin, bila dilihat dari luar masih seperti pendahulunya. Rencananya akan blak-blakan diungkap pada IMOS 2018. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed