Rabu, 03 Okt 2018 09:23 WIB

Begini Caranya Mengetahui Keaslian Spare Part Vespa

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Tangerang - Berburu sparepart langka bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan bagi pemilik Vespa. Tapi jangan asal beli ya, karena banyak juga komponen palsu yang beredar di pasar.

Menurut Dimdim dari Libscoot Yogyakarta, ada beberapa trik untuk mengetahui spare part tersebut asli atau palsu.


"Biasanya ada kode-kode tertentu yang menginformasikan bahwa spare part Vespa tersebut asli. Misal di bagian sepatbor atau boks, setang, lampu-lampu, dan speedometer, kode ditunjukkan dengan huruf 'a' sampai 'e', sedangkan untuk kode jengger biasanya pakai angka," terang Dimdim, di ICE BSD, Tangerang, minggu lalu.

Selain dari kode huruf atau angka, cara mengetahui keaslian sparepart Vespa juga bisa dipantau dari penyematan logo Piaggio.

"Vespa keluaran tahun 1974/1975 sudah mulai menggunakan logo ini," kata Om Beng, penggagas event Indonesia Vespa Days, ditemui di acara yang sama.


Tak hanya komponen yang terlihat secara kasat mata, komponen dalam Vespa seperti area rangka dan mesin juga bisa diidentifikasi keasliannya.

"Kalau rangka, bisa dilihat VIN number di bawah bodi. Sedangkan untuk mesin, kode di crankcase luar dan dalam itu harus sama," pungkas Om Beng.

Keaslian sparepart sendiri jadi hal yang diutamakan di kalangan komunitas Vespa. Maka, itu meskipun harganya cenderung mahal, bakal terus diburu. Apalagi jika komponen yang digunakan untuk kebutuhan restorasi, di mana part-part asli jadi nilai jualan utamanya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed