Kamis, 13 Sep 2018 16:55 WIB

Jualan Moge Bekas, Susah Nggak Sih?

Luthfi Anshori - detikOto
Motor gede (moge) seken. Foto: Luthfi Anshori Motor gede (moge) seken. Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - Moge alias motor gede termasuk dalam kendaraan segmen hobbies. Artinya orang yang membeli moge bukan untuk tujuan penggunaan harian, melainkan untuk touring atau hanya dipakai di akhir pekan.

Selain bisa dibeli dalam kondisi baru, moge juga bisa dibeli dalam kondisi bekas atau seken. Salah satu showroom yang menjual moge bekas adalah Classic Bikers Shop, di Bekasi Timur.



Indrajaya, pemilik Classic Bikers Shop, menjelaskan awal mula ia memutuskan menggeluti bisnis ini. "Saya mulai dari 2008. Bermula dari suka touring sesama pengguna motor besar, saya gabung komunitas. Akhirnya memutuskan berjualan moge bekas," tutur Indrajaya, kepada detikOto.

Moge-moge bekas yang ia jual ada yang milik pribadi dan ada yang titipan orang. Menurut Indra, tidak terlalu sulit menjual jajaran moge bekas Harley-Davidson, BMW, Honda, dan Ducati, di garasi miliknya.

"Karena kita sudah punya jaringan (komunitas), jadi enak saja jualnya," terang pria yang tergabung di Moge Club Indonesia Chapter Bekasi ini.



Untuk meyakinkan konsumen, menurut Indra, ia juga selalu minta calon pembeli datang lebih dulu untuk test ride. "Kebanyakan moge seken yang kami jual surat-suratnya juga lengkap, meski ada juga yang nggak full paper," lanjut Indra.

Meski diakui menjual moge seken itu cukup gampang, untuk moge tertentu, kata Indra, cukup sulit menjualnya. Akhirnya, mau tidak mau ia harus potong harga. "Misal beli Rp 100 juta, nggak laku akhirnya turunin harga jadi Rp 75 juta," pungkas Indra.

Beberapa moge bekas yang dijual di Classic Bikers Shop adalah Harley-Davidson Sportster tahun 2000 harganya Rp 110 juta, Dyna (2003) Rp 140 juta, Road King (2006) Rp 175 juta, Ultra (2007) Rp 195 juta, Street Glide (2010) Rp 220 juta, dan Street Glide (2012) Rp 280 juta. Sedangkan untuk merek lain seperti BMW 1200GS (2014) Rp 250 juta dan Ducati Monster (2010) Rp 240 juta. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed