Jumat, 31 Agu 2018 07:33 WIB

Ini Jenis Motor yang Sering Jadi Ojek di Papua

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Sigit Arifianto
Jakarta - Setiap kendaraan di berbagai wilayah berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada medan jalanan yang membentang. Seperti di Papua, tepatnya di Pegunungan Bintang, Oksibil misalkan, mobil yang cocok digunakan adalah SUV gagah dan motor trail atau besar. Bukan mobil keluarga maupun skutik.

Sebab, jalanan di sana sangat ekstrem seperti bebatuan, tukungan tajam, serta masih banyaknya hutan. Seorang mantan tenaga pengajar yang pernah berdinas di Oksibil, Sigit Arifianto, membagikan pengalamannya setahun hidup disana lewat Instagram.

"Berat jadi tukang ojek di Pegunungan Papua, dari ancaman keamanan hingga medan yang berat. Belum lagi harus bayar denda yang lumayan banyak jika sampai jatuh saat membawa penumpang asli papua," tulisnya.


"Ya semua itu sepadan dengan penghasilan yang bisa mencapai Rp 40 juta sebulan," tambah Sigit.

Sehingga, motor yang paling cocok berada disana adalah roda dua penggaruk tanah atau bebek sekelasnya. "Yah kebanyakan sih motor gede (bukan skutik), untuk memudahkan perjalanan juga," kata Sigit.

Hal itu diperkuat dari foto ketika dirinya naik ojek di wilayah tersebut. Kala itu motor yang dinaikinya adalah Kawasaki KLX yang berbanderol Rp 30 jutaan di Jakarta.


Di Ibukota, biasanya motor tersebut hanya digunakan di beberapa waktu saja atau untuk mejeng bersama teman sejawat. Tak sedikit juga yang membawanya ke mall ketika hari libur. "Nggak semua (orang) di sini kebeli motor, bayangin aja ongkos kirimnya bisa Rp 10 juta," papar Sigit. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com