Rabu, 22 Agu 2018 10:29 WIB

Ini yang Bikin Helm MotoGP Harganya Mahal

Ridwan Arifin - detikOto
Helm X-Lite 803. Foto: Ridwan Arifin Helm X-Lite 803. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Helm merupakan perangkat penting untuk menjaga keselamatan berkendara, khususnya pengendara roda dua. Tak heran berbagai produsen helm berlomba menyematkan fitur terbaik di kelasnya. Salah satunya Nolan, dan X-Lite. Helm X-Lite 803 bahkan dibanderol mulai dari Rp 7-8,3 Juta.

Helm X-Lite 803 merupakan helm yang juga digunakan oleh pebalap MotoGP. Nama-nama pebalap MotoGP seperti Danilo Petrucci, Hafizh Syahrin hingga Alex Rins menggunakan helm X-Lite 803.

Dengan harga semahal itu fitur apa saja yang didapatkan? Guna menjawab pertanyaan, Irwansyah selaku Technical Services Nolan Showroom De Ride berbincang dengan detikOto.

"Pertama, sudah menggunakan double D-Ring pada tali pengikatnya, speknya seperti yang dipakai pebalap MotoGP," ucap Irwan.



"Bahannya juga sudah fiber carbon composite, jadi bobotnya juga lebih ringan namun tetap kokoh, kurang lebih 1.200-1.300 gram," tambah Irwan.

Helm seri ini memang didesain untuk balapan. Jadi sistem ventilasi lebih banyak. juga terdapat spoiler di belakang helm untuk mengatasi turbulensi.



"Kalau di kecepatan tinggi misalnya di atas 200 km/jam, tiba-tiba ngerem mendadak, helm yang nggak ada spoilernya akan goyang, jadi tidak ada perputaran angin di belakangnya," tutur Irwan.

Interior Helm X-Lite 803. Interior Helm X-Lite 803. Foto: Ridwan Arifin


Nah yang istimewa dari helm X-Lite 803 ini adalah hadirnya Carbon Active pada interior helm. "Jadi fungsinya itu bisa menstabilkan detak jantung, mengurangi kadar asam laktat dalam darah, dan menurunkan tingkat stres," ucap Irwan.

Irwan mengungkapkan bahwa kadar laktat dalam darah bisa menumpuk kalau kekurangan oksigen, "Ini kan kalau pakai helm sempit banget nih, oksigen pasti berkurang, tapi dengan carbon fitting ini asam laktat bisa berkurang hingga 12 persen," ucapnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed