Senin, 20 Agu 2018 14:44 WIB

Mengenal Teknik Stoppie Pakai Motor seperti Stunt Rider Jokowi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Asian Games 2018 digambarkan menunggangi motor gede (moge) Paspampres. Dalam video pembukaan itu, Jokowi digambarkan melakukan aksi freestyle. Mulai dari burn-out, terbang melompati mobil, meliuk-liuk di tengah kemacetan hingga melakukan stoppie.

Tentu hal itu tidak dilakukan Jokowi seorang diri. Ada stunt rider di balik aksi keren Jokowi menunggangi moge. Yang menarik perhatian dari aksi Jokowi naik moge adalah teknik stoppie.



Saat itu, Jokowi digambarkan masuk gang-gang sempit untuk menuju GBK karena jalan utamanya macet. Di gang kecil, Jokowi bertemu dengan bajaj. Agar tidak nabrak, dia mengerem. Saking kerasnya pengereman, ban belakang sampai terangkat.

"Siapa yang menerbangkan sepeda motor, meliuk-liuk, bergaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke GBK, semalam? Hehehe," tulis @Jokowi, di Twitter, Minggu (19/8/2018).

Aksi itu biasa dilakukan oleh seorang stunt rider dalam menjalankan freestyle pakai sepeda motor. Dikutip dari berbagai sumber, stoppie merupakan teknik freestyle pakai sepeda motor di mana roda belakang motor terangkat tinggi.



Stoppie kebalikannya dari wheelie. Kalau wheelie, rider mengangkat roda depan motor, sedangkan stoppie roda belakangnya yang diangkat tinggi.

Stoppie biasanya dilakukan dengan memacu motor sampai kecepatan tinggi terlebih dahulu. Kemudian, ridernya mengerem sekeras-kerasnya pakai rem depan sehingga roda belakang terangkat sementara bebannya tertumpu di roda depan.

Teknik stoppie ini pastinya dilakukan oleh orang profesional. Jadi, Otolovers jangan pernah mencoba-coba melakukan aksi stoppie yang berbahaya ini kalau belum benar-benar terlatih.

Soalnya, sudah sering terjadi kecelakaan akibat rider asal melakukan teknik berbahaya ini. Karena tak seimbang, stoppie bisa jadi berlebihan sehingga motor terguling ke depan. Tentu hal itu bisa mencederai ridernya.



Cek video Netizen Korea Terpesona Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018 (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com