Punya Motor Jadul? Ini Cara Merawatnya Biar Nggak Gampang Mogok

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Rabu, 25 Jul 2018 09:34 WIB
Motor jadul. Foto: Pool (Pasang Mata)
Jakarta - Motor tua alias jadul identik dengan penyakit yang namanya mogok di jalan. Namun sebenarnya hal tersebut dapat dicegah, dengan cara selesaikan lebih dulu perbaikannya dan jangan samakan cara mengendarainya dengan motor jaman sekarang.

Perbaikan yang dimaksud adalah proses pembangunan ulang motor jadul itu sendiri, karena kebanyakan kondisi motor jadul saat dibeli perlu diperbaiki, jarang sekali yang kondisinya langsung mulus.

Untuk itu, agar motor jadul tidak gampang mogok, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk mengendarainya ke jalanan, selesaikan dulu proses perbaikannya sampai tuntas.

"Jangan setengah jadi, nanti dipakai ya repot, biasanya kan orang mogok-mogok motornya kan setengah jadi sudah dipakai, kalau sudah jadi ya nggak mogok-mogok," ujar kolektor motor jadul asal Yogyakarta, Handoko, saat dihubungi detikOto, Selasa (24/7/2018).

"Kalau nggak sampai finish pasti banyak problem," lanjutnya.

Selain itu, kata Handoko, motor jadul berbeda dengan motor jaman sekarang dari segi pemakaiannya. Kalau motor jaman sekarang punya fitur yang memudahkan pengendara, jaman dulu jauh dari kata itu.

"Kalau motor jaman dulu kan kita yang menyesuaikan dengan kondisi motornya, karena kan belum canggih kalau sekarang motor harus nurut kita, di apa-apain mau kan motor sekarang, buat standing, stoping, ngebut seperti apa motor sekarang ikut saja, moto dulu kan nggak bisa," katanya. (khi/lth)