Selasa, 24 Jul 2018 08:32 WIB

Kenapa RX-King Harganya Mahal, Sampai Ada yang Ratusan Juta?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha RX-King Rp 50 juta. Foto: Rangga Rahardiansyah Yamaha RX-King Rp 50 juta. Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Motor jadul saat ini harganya di luar dugaan. Bahkan, motor RX-King pun bisa tembus ratusan juta rupiah. Kenapa bisa semahal itu?

Salah satu sebabnya adalah karena motor itu tidak lagi diproduksi oleh pabrikannya. Padahal, peminatnya di Indonesia masih banyak. Karena peminat banyak sementara stok motornya sedikit, harga jadi melambung tinggi.

Beberapa waktu lalu ada RX-King yang dibanderol Rp 300 juta oleh pemiliknya. Motor itu adalah RX-King tahun 1997 yang masih mempertahankan originalitasnya sejak pertama kali dirakit. Apalagi, motor RX-King itu tak pernah dipakai sejak pertama kali dirakit. Istilahnya adalah new old stock. Karena itulah pemiliknya berani membanderol sampai Rp 300 juta. Motor itu juga sempat ditawar orang Rp 175 juta tapi yang punya tidak mau lepas.



Ada lagi motor RX-King yang laku Rp 150 juta. Alasannya, motor itu tidak pernah digunakan sama sekali sejak pertama kali dibeli. Pembelinya adalah kolektor yang menginginkan motor RX-King yang sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia.

Dan pekan lalu, di Otobursa Tumplek Blek 2018, ada salah satu RX-King yang dibanderol Rp 50 juta. RX-King itu milik Gilbert Ciputra dari King's Club Djakarta. Itu adalah RX-King Special Edition lansiran 2003 yang merupakan perayaan hari jadi RX-King ke-20 tahun.



"Jadi sekarang itu kolektor-kolektor ditawarkan dengan harga tinggi. Kalau berani sekian, kalau nggak mau ya sudah disimpan lagi motornya. Toh, barangnya juga (harganya) nggak akan turun. Bahkan suatu saat malah lebih tinggi lagi," kata pria yang akrab disapa Putra itu.

Menurutnya, perkembangan komunitas RX King sekarang sudah sangat pesat. Itulah yang membuat peminat RX-King semakin banyak, sementara motornya sedikit.

"Jadi motor RX-King sekarang bisa mahal karena ada pengaruhnya dari perkembangan komunitas RX-King sendiri. Saya yakin ke depan motor RX-King ini akan lebih mahal lagi. Walaupun ratusan juta juga tetap dibayarkan oleh kolektor," ujar Putra. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed