Selasa, 17 Jul 2018 20:26 WIB

Motor Hybrid Yamaha Grand Filano, Begini Sistem Hybridnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha Grand Filano Hybrid. Foto: Dok. Yamaha Thailand Yamaha Grand Filano Hybrid. Foto: Dok. Yamaha Thailand
Bangkok - Yamaha di Thailand meluncurkan motor hybrid-nya. Jadi, tak hanya Honda PCX yang mengusung teknologi hybrid, Yamaha pun punya teknologinya, tapi baru diluncurkan di Thailand.

Yamaha telah meluncurkan Grand Filano Hybrid di Thailand pada akhir pekan kemarin. Grand Filano sendiri merupakan skuter matik (skutik) Yamaha yang populer di negeri Gajah Putih itu.



Dikutip dari GreatBiker, skutik berteknologi hybrid dari Yamaha ini sangat cocok untuk penggunaan dalam kota yang macet. Terlebih, motor berteknologi hybrid bakal lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Jadi cocok digunakan di perkotaan yang padat.

Yamaha Grand Filano Hybrid. Yamaha Grand Filano Hybrid. Foto: Dok. Yamaha Thailand


Yamaha Grand Filano ditenagai mesin 125 cc Blue Core injeksi berpendingin udara. Terdapat sistem Smart Motor Generator (SMG) yang terintegrasi dengan sistem tenaga mesin dan menghasilkan tenaga listrik dalam satu paket.

Ketika mesin dinyalakan, tak ada suara berisik starter lagi. Cukup dengan menekan tombol starter sekali dan hanya butuh sekitar 0,2 detik, mesin langsung menyala berkat sistem One-Push Start.



Yamaha Grand Filano Hybrid juga memiliki sistem Stop & Start System (SSS). Fitur itu memungkinkan mesin mati sementara saat motor dalam keadaan berhenti. Cukup dengan membuka gas, mesin bakal hidup lagi dan siap dijalankan kembali. Fitur itu berguna untuk mengirit konsumsi bahan bakar.

Jantung dari Grand Filano Hybrid adalah sistem Hybrid (Power Assist). Sistem itu menggabungkan mesin bakar dan motor listrik. Motor listrik membantu mesin meningkatkan torsi ketika awal berakselerasi. Ketika berakselerasi awal, mesin dan motor listrik bekerja berbarengan sehingga meningkatkan torsi.

Yamaha Grand Filano Hybrid. Yamaha Grand Filano Hybrid. Foto: Dok. Yamaha Thailand


Pada saat yang sama, teknologi hybrid bikin motor lebih hemat bahan bakar. Bahkan, Yamaha mengklaim konsumsi bahan bakar motor hybrid Grand Filano itu tembus 60 km/liter.

Motor itu dibekali baterai YTZ6V 12 V, 5.0 Ah (B8B1), YTZ7V (B8B2) 12 V, 6.0 Ah. Disebutkan, perawatan atau penggantian baterai sama seperti baterai (aki) pada motor biasanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed