Sabtu, 23 Jun 2018 18:07 WIB

Pakai Teknologi Ini, Pemotor Bisa Terhindar dari Tabrakan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Fitur Keselamatan Motor Pakai Kamera 360 derajat. Foto: Istimewa Fitur Keselamatan Motor Pakai Kamera 360 derajat. Foto: Istimewa
Jakarta - Teknologi kendaraan semakin canggih untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi. Kini, teknologi keselamatan untuk pemotor pun dihadirkan. Sebab, pemotor cenderung lebih berisiko dibanding pengendara kendaraan bermotor lain.

Sebuah startup teknologi bernama Ride Vision meluncurkan sistem yang akan memperingatkan pemotor dari kecelakaan. Nama sistem itu adalah Collision Aversion Technology atau CAT. Sistem itu adalah perpaduan Artificial Intelligence dan Computer Vision yang dirancang untuk berintegrasi dengan motor hanya menggunakan kamera standar sebagai sensor visual. Kamera wide angle menyediakan sensor visual seluas 360 derajat.



Sistem itu akan mengenali dan menganalisis ancaman kecelakaan. Cara kerja sistem itu tidak membutuhkan perangkat keras yang mahal juga tidak akan mengganggu fokus pengendara. Analisa CAT menggunakan sensor yang tersedia pada sepeda motor.

Sistem akan mendeteksi kecenderungan lingkungan sekitar pemotor. Jika lingkungan sekitar seperti mobil tiba-tiba mengancam bahaya dengan bermanuver tiba-tiba, sistem memberikan peringatan kepada pengendara. Sehingga, pemotor bisa merespons lebih baik dan menghindari kecelakaan.



"Meskipun telah ada beberapa inovasi intrinsik sepeda motor, faktanya tetap bahwa sepeda motor rentan kecelakaan dan korban jiwa. Pemotor, yang perlu memiliki keterampilan mengemudi yang lebih baik daripada pengemudi mobil, harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan manfaat dari inovasi teknologi," kata perusahaan itu.

[Gambas:Youtube]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed