Senin, 11 Jun 2018 18:11 WIB

Bahaya Modifikasi Lampu Belakang yang Menyilaukan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Pakai Lampu Belakang Silau. Foto: Istimewa Motor Pakai Lampu Belakang Silau. Foto: Istimewa
Jakarta - Video tentang pengendara yang memodifikasi motornya sehingga berpotensi membahayakan pengguna jalan lain beredar viral. Dalam video itu terekam sebuah motor yang sudah dimodifikasi lampu belakangnya.

Lampu belakang motor itu bukan berwarna merah sesuai peraturan dan seperti yang sudah standar dari pabrikan. Tapi, lampu motor itu ditambah dengan lampu berwarna biru berkedip-kedip yang menyilaukan pengendara di belakangnya.



Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengomentari modifikasi berbahaya ini. Menurutnya, memodifikasi kendaraan dengan lampu belakang yang menyilaukan ini salah besar.

"Jangan modif lampu pada kendaraan (warna/terang/posisi dll) pastikan standar, sesuai dengan undang-undang lalu lintas di Indonesia. Dengan alasan apa pun sangat berbahaya," kata Sony kepada detikOto, Senin (11/6/2018).



Mungkin pemilik kendaraan punya pertimbangan memodifikasi lampu belakang hingga jadi silau. Bisa jadi alasannya agar kendaraan di belakang menjaga jarak aman atau mengasumsikan supaya seolah-olah sebagai kendaraan roda empat.

"Ya kalau berefek (pertimbangan-pertimbangan itu), gimana kalau justru menyilaukan berakibat kaget pengemudi di belakangnya. Justru malah nabrak atau berakibat tabrakan beruntun. Kasihan mata pengemudi/pengendara yang ada di belakangnya, perih, cepat lelah nantinya," sebut Sony. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed