Rabu, 09 Mei 2018 16:32 WIB

Motor Listrik Penggaruk Tanah Viar Dijamin Aman Main Air

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Motor Trail Listrik Viar E-Cross. Foto: Khairul Imam Ghozali Motor Trail Listrik Viar E-Cross. Foto: Khairul Imam Ghozali
Bogor - Produsen motor asal Semarang, PT Triangle Motorindo (Viar) kembali meluncurkan produknya yang kali ini dalam bentuk motor trail bertenaga listrik, yakni Viar E-Cross. Meski berpenggerak listrik, motor dijamin aman menerobos jalur genangan air.

Bukan tanpa alasan, Manajer Divisi Advanture PT Triangle Motorindo, Jack Maulana, mengatakan dua varian Viar E-Cross sudah melewati tahap pengujian di jalur yang ada genangan airnya.



"Kita sudah mencoba motor E-Cross ini, penggerak motor di bawah itu, kena genangan air aman, nggak ada masalah," ujarnya kepada wartawan, di Bogor, Rabu (9/5/2018).

Senada dengan Jack, Teknisi PT Triangle Motorindo, Abdul, menambahkan Viar E-Cross tidak berisiko rusak saat melewati jalur yang ada genangan airnya. Namun memang ada batasannya.

Kata Abdul, selama air tidak menyentuh bagian atas baterai, motor dijamin aman meski terendam air. Posisi baterai Viar E-Cross sendiri ada di atas penggerak motor.

"Batasannya itu sampai bagian tengah baterai-lah aman. Jangan sampai terkena soket terminal baterai saja (bagian paling atas baterai). Karena itu pusat kelistrikan baterainya," katanya.



Salah satu yang membuat Viar E-Cross aman dari air, lebih lanjut Abdul mengatakan, bagian kelistrikan motor buatan Semarang ini sudah menggunakan penutup bahan anti-air.

"Mungkin sebenarnya yang berhak jawab ini bagian R&D ya, tapi memang bagian soket-soket, baterai, mesin juga, sudah waterproof," lanjutnya.

Viar E-Cross diperkenalkan dengan dua varian, yakni Advance dan Lite. Untuk E-Cross Advance disematkan baterai berkapasitas 60 volt/32 AH, sedangkan E-Croos Lite dibekali baterai berkapasitas 48 Volt/25 AH. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed