Senin, 23 Apr 2018 10:41 WIB

Motor Listrik Viar Ikut Laris di Papua

Ruly Kurniawan - detikOto
Motor Listrik Viar Ikut Laris di Papua Foto: Khairul Imam Ghozali Motor Listrik Viar Ikut Laris di Papua Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Akhir-akhir ini presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat senang-senangnya mengendarai sepeda motor. Bahkan saat kunjungannya beberapa waktu lalu ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, ia menunggangi motor listrik dari WIM Motor Zero 8i. Setelah itu, diketahui memang rupanya pengguna motor listrik di Asmat cukup banyak. Bahkan produsen serupa yakni PT Triangle Motorindo menyetujuinya.



Kepada detikOto, Corporate Manager PT Triangle Motorindo Deden Gunawan mengucapkan bahwa produk motor listriknya yakni Viar Q1 juga banyak beredar di Papua. Setelah secara resmi diluncurkan tahun lalu, peminatnya yang berasal dari Papua cukup banyak.

"Sebenarnya info di papua itu banyak motor listrik Viar, tahu. Sudah sejak awal launching motor listrik kita. Itu informasinya saya dapat dari PLN dan diler di sana," kata Deden di TMII, Jakarta.



"Di Asmat itu yang banyak adalah sepeda listrik, Viar Q1 juga. Dimana semua motor itu sudah di uji Kemenhub sudah ber SUT (Surat Uji Type)," lanjutnya.

Dikesempatan yang berbeda, Direktur Pemasaran PT Kencana Laju Mandiri Yucuanto Susetyo memaparkan bahwa populasi motor listrik di Papua itu belum banyak diketahui oleh produsen motor di Indonesia. Dirinya yang juga menjual motor Viar Q1 langsung ngegas untuk berjualan di sana.



"Sudah kita laksanakan kita juga sudah gerak juga," jelasnya.

Memang untuk saat ini Yucuanto mengaku untuk Viar sendiri belum terlalu menjajaki bagian ujung timur Indonesia. Namun karena tiba-tiba muncul Jokowi menunggangi motor listrik yang diklaim hanya dijual di Papua, potensi pasar motor listrik di Papua tidak diragukan lagi oleh Viar.

"Sampai saat ini Papua masih terbatas (untuk Viar), tapi dengan adanya berita itu kami merasa Papua pasar yang potensial untuk motor listrik," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Asmat beberapa hari lalu, Jokowi menggunakan motor listrik WIM Motor Zero 8i. Motor dibekali penggerak listrik 48 volt 1.000 watt. Motor itu menggendong baterai 48 volt 20 Ampere hour. Motor listrik tersebut bisa menjangkau jarak 50 sampai 80 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Waktu pengisian baterainya sampai delapan jam

Sedangkan Viar Q1 mengadopsi baterai jenis Lithium-ion maintenance free dengan spesifikasi 60v20AH, dengan estimasi umur 600-800 siklus pengisian, kapasitas maksimumnya adalah 2 kWh, dengan estimasi pengisian penuh 5-7 jam. Charger-nya sendiri memiliki spesifikasi 220 volt dengan frekuensi 50 Hz. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed