Banyak Kasus Kehilangan, Nmax Butuh Kunci Keyless Seperti Aerox dan Lexi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 02 Apr 2018 13:57 WIB
Model baru Yamaha Nmax 155 cc Foto: Ruly Kurniawan
Medan - Yamaha Nmax menjadi andalan bagi Yamaha di keluarga skuter Maxi. Namun, banyak kabar kasus kehilangan Yamaha Nmax yang beredar di dunia maya. Nmax menjadi motor yang banyak diincar maling.

Sistem keamanan canggih pun sangat diperlukan di Yamaha Nmax. Misalnya sistem keyless yang disebut lebih aman dibanding kunci konvensional. Malah, keyless sudah diterapkan di Yamaha Aerox dan Yamaha Lexi, kok di Nmax belum juga?

"Awalnya sih sebenernya keyless pertama di Aerox. Awalnya kami agak khawatir juga apakah adaptasi dari konsumen bisa cepat atau nggak. Karena kan banyak pertanyaan kalau kunci hilang bagaimana," kata Deputy GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Eddy Ang di Paropo, Dairi, Sumatera Utara.


Terakhir, kata Eddy, Yamaha sudah membuat aplikasi ponsel untuk membantu konsumen mengingat kode kunci kalau suatu waktu kunci keyless motornya hilang. Jadi, kalau kunci hilang, konsumen bisa menggunakan sandi untuk membuka kunci motor.

"Perlahan sambil edukasi, perlahan juga kami akan kembangkan produk-produk kami yang makin banyak pakai keyless," sebut Eddy.

Karena, katanya, sistem keamanan keyless tidak bisa langsung diterapkan di semua motor, termasuk di Yamaha Nmax, Kalau ada apa-apa, misalnya konsumen kesulitan menggunakan keyless, konsumen malah meninggalkan motor tersebut.

"Kalau edukasi berhasil kita perlahan developt ke arah situ. Nggak gampang sih edukasi seperti itu karena orang Indonesia banyak sekali," kata Eddy.

Sementara itu, ditanya mengenai pembaruan Yamaha Nmax, Eddy masih enggan membocorkannya. Terakhir, Nmax mendapat pembaruan minor, masih terbilang sedikit pembaruannya.

"Namanya lifetime produk kan ada. Pasti ada pembaruan lah," jawab Eddy. (rgr/khi)