ADVERTISEMENT
Sabtu, 31 Mar 2018 10:56 WIB

Ribuan Bikers Pencinta Trail Ngegas di Gunung Manglayang Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikOto
Pemotor trail ngetrack bareng menuju Gunung Manglayang (Foto: Dony Indra Ramadhan) Pemotor trail ngetrack bareng menuju Gunung Manglayang (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Deru bising knalpot sepeda motor menggema di kawasan Ujungberung Bandung. Sejumlah bikers bersorak sebelum akhirnya memacu motor trailnya.

Para bikers trail tersebut berkumpul di Mako Yon Zipur 9/1 Ujungberung di Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (31/3/2018). Mereka mengikuti kegiatan nge-trail bareng yang diselenggarakan Yon Zipur 9/1.



Kegiatan dibuka langsung Komandan Yon Zipur 9/1 Letkol Czi Fery Kriswadana. Para bikers dengan motor trailnya berbaris memanjang sebelum akhirnya dibuka Fery.

Usai dibuka dengan menembak pistol ke udara, para bikers langsung tancap gas. Mereka tampak bersemangat mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan HUT Kostrad ke-57 dan Yon Zipur 9/1 yang ke-56.

Dor! Pemotor langsung memutar gasnyaDor! Pemotor langsung memutar gasnya Foto: Dony Indra Ramadhan


Fery mengatakan kegiatan nge-trail bareng TNI ini tak hanya diikuti prajurit TNI. Sejumlah masyarakat ikut serta bergabung dalam kegiatan tersebut. Menurut Fery, data terakhir ada 1.300 peserta.



"Ini salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kami berbaur dengan masyarakat. Animo masyarakat cukup tinggi, terbukti yang ikut banyaknya dari masyarakat," kata Fery.

Panggung hiburan untuk menghibur pemotorPanggung hiburan untuk menghibur pemotor Foto: Dony Indra Ramadhan


Jalur yang ditempuh para bikers trail cukup menantang. Mereka akan menggunakan jalur Gunung Manglayang.

Dari markas Yon Zipur, bikers akan menuju ke alun-alun Ujungberung. Dari sana, akan diarahkan masuk ke Jalan Cigending - Cinangka dan masuk trek Gunung Manglayang. Dari sana, mereka nanti akan keluar di Sindanglaya hingga berakhir kembali di Markas Yon Zipur Ujungberung.

"Jaraknya puluhan kilometer," kata dia.

Keseruan tidak hanya berlangsung di jalur trail. Kemeriahan juga nampak di markas Yon Zipur. Di area lapangan, berdiri panggung besar untuk memeriahkan acara. Bazzar dadakan juga hadir. Sejumlah tenda berdiri menjual aneka barang dari mulai perlengkapan trail hingga aneka makanan.



Tak hanya itu, terdapat juga mini sirkuit di samping kanan panggung. Satu persatu peserta trail dapat menjajal sirkuit yang dibuat secara sengaja itu.

Fery mengatakan selain kegiatan nge-trail bareng, bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat juga dibuktikan dengan adanya perbaikan-perbaikan akses jalan warga. Beberapa hari kegiatan digelar, prajurit Yon Zipur memperbaiki jalur yang akan dilalui.

"Daerah-daerah yang kita lalui sekarang, sebetulnya sering dipakai offroad, sehingga rusak. Makanya kita ratakan kemarin. Nanti setelah dipakai oleh kita juga akan diperbaiki lagi," ungkapnya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com