Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 08 Januari 2018, 17:15 WIB

Selain Alat Keselamatan, Helm Juga Jadi Fashion

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selain Alat Keselamatan, Helm Juga Jadi Fashion Helm Modifikasi. Foto: Dok. Fhabian Motoshop
Jakarta - Helm merupakan alat keselamatan yang wajib dipakai pemotor. Makin ke sini, helm tak hanya sekadar alat keselamatan. Lebih dari itu, helm juga bisa untuk ajang gengsi.

Helm-helm saat ini bisa dibuat lebih keren. Banyak pemotor yang memodifikasi helmnya dengan berkiblat kepada pebalap MotoGP. Melihat tren sekarang, Budi, penggawa Fhabian Motoshop, menyebut helm tak sekadar jadi alat keselamatan utama pemotor.



"Helm itu sekarang jadi fashion. Kalau bahasa alaynya obat ganteng. Untuk saat-saat ini lagi happening banget sih, terutama modifikasi helm," tutur Budi yang membuka usaha modifikasi helm saat ditemui di markas Fhabian Motoshop di Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat akhir pekan kemarin.

"Jadi dari tampilan lebih menarik. Selain safety, tampilan juga lebih keren," sambungnya.



Biasanya, yang dimodifikasi dari helm itu adalah penambahan perangkat spoiler di bagian belakang helm. Jadi, lebih mirip helm-helm pebalap MotoGP dengan penambahan spoiler itu.

Selain spoiler, helm juga biasa dimodifikasi dengan mengganti bagian visor atau kacanya. Biasanya, visor helm diganti dengan flat visor, yaitu visor yang rata, tidak cembung.



Dengan pemakaian flat visor, kaca helm jadi bisa ditambahkan lagi dengan lembaran tear off beserta pengaitnya, tear off post. Sekadar diketahui, tear off adalah sebuah lapisan khusus pada visor atau kaca helm untuk melindungi visor tersebut. Biasanya dipakai di balapan sehingga kaca helm tidak tergores akibat benturan dengan objek-objek kecil. Jadi, visibilitas pebalap saat balapan tetap bersih.

Tak cuma itu, 'racun' modifikasi helm juga berupa stiker visor. Banyak pencinta helm yang menempeli visornya dengan stiker tulisan yang unik-unik. Jadi ala-ala helm pebalap road race. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed