Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 18 Agustus 2017, 16:07 WIB

Motor Listrik Lokal Gesits Siap Diproduksi

Dina Rayanti - detikOto
Motor Listrik Lokal Gesits Siap Diproduksi Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Produksi motor listrik buatan anak bangsa bakalan semakin dekat. Itu terlihat dari penandatangan perjanjian kerjasama produksi sepeda motor listrik antara PT Gesits Technologies Indo, PT Wika Industri dan Konstruksi, serta PT Institut Teknologi Sepuluh November.

"Mudah-mudahan jangan selesai di MOU harus mencapai realisasi kepada masyarakat," kata Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir, di Kompleks Industri Wika Cileungsi, Bogor, Jumat (19/8/2017).

Saat ini memang pengembangan kendaraan bertenaga listrik masih terkendala oleh beberapa regulasi yang belum jelas. Dan aturan tersebut masih terus digodok oleh beberapa pihak di bawah kementerian.

"Menyikapi hal ini kami di Kementerian Perindustrian sudah bersama dengan Ristek Dikti telah berulang kali melakukan kajian, FGD dalam rangka menetapkan peta jalan pengembangan industri alat transportasi dalam kendaraan rendah emisi," sambung Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan di tempat yang sama.

Motor listrik buatan lokal ini sudah dikembangkan sejak tahun 2015. Rupanya motor ramah lingkugan ini cukup diminati masyarakat Indonesia.

Pada Desember tahun lalu saja sekitar 40.000 unit Gesits sudah dipesan masyarakat. Gesits juga sudah dilakukan tes oleh Garansindo dengan melakukan uji jalan Jakarta-Bali, dengan menempuj jarak sekitar 1.500 km, dengan memakan waktu perjalanan sekitar 5 hari. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed