Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 06 Agustus 2017, 17:01 WIB

Honda Kembangkan Airbag untuk Skuter seperti PCX

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda Kembangkan Airbag untuk Skuter seperti PCX Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Fitur keselamatan airbag tak hanya ada di mobil. Honda pun mendemonstrasikan fitur airbag untuk sepeda motor.

Honda memang sudah menerapkan airbag di salah satu motor gede (moge) touring andalannya, yaitu Honda Goldwing GL1800. Kini, seperti diberitakan Paultan, Minggu (6/8/2017), Honda memamerkan fitur airbag di skuter Honda PCX.

Pengembangan airbag untuk sepeda motor ini merupakan kolaborasi Honda dengan pemasok sistem keamanan Autoliv. Airbag ini bertugas untuk melindungi kepala pengendara saat terjadi jenis tabrakan tertentu, terutama tabrakan dengan objek lain di depan

"Dalam banyak kecelakaan sepeda motor, sebuah sepeda motor menabrak sisi mobil. Jadi, airbag ini bisa berkontribusi mengurangi jumlah korban," kata Honda.

Airbag pada motor bekerja dengan cara yang sama dengan airbag di mobil. Sebuah sensor akselerasi diletakkan di bagian depan skuter untuk mendeteksi tabrakan. Airbag akan mengembang dalam waktu 0,04 detik sampai 0,05 detik saat terdeteksi akan terjadi kecelakaan.

Sistem airbag ini sebenarnya sudah diterapkan untuk pemotor. Selain ada di moge Honda Goldwing GL1800, pakaian pemotor pun ada yang dilengkapi dengan airbag seperti Dainese D-Air atau Alpinestars Tech-Air (khi/khi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed