Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 03 Agustus 2017, 15:54 WIB

Honda Ingin Anak SMK Bisa Bekerja di Jaringan Diler Honda

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda Ingin Anak SMK Bisa Bekerja di Jaringan Diler Honda Foto: Rengga Sencaya
Jakarta - Guna mencetak teknisi andal, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pembinaan anak SMK lewat kurikulum yang sudah sesuai standar AHM.

Melalui ajang Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC), para siswa dari berbagai SMK ditantantang untuk mengimplementasikan ilmunya yang telah diperoleh saat di sekolah.

Diikuti oleh 23.272 siswa dari 652 SMK, terpilihlah 36 siswa terbaik dari seluruh Indonesia untuk melaju ke babak final. Tak hanya diuji terkait pengetahuan terkait teknologi sepeda motor Honda, siswa juga ditantang kemampuan keterampilannya pada mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda. Mereka juga dituntut untuk mahir menggunakan Honda Special Tools dan perawatan sepeda motor seperti pengukuran, pemeriksaan, dan penggantian parts.

"Kami ingin kompetisi ini dapat memberi kesempatan pada siswa SMK untuk meraih mimpi serta cita-cita mereka di bidang teknik sepeda motor," ujar General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso di Sunter, Jakarta.

Bagi siswa 3 terbaik dalam kegiatan tersebut, pihak AHM telah siapkan beberapa uang tunai dan beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikannya di Politeknik Manufaktur (Polman) Astra selama tiga tahun.

Kontes yang telah berjalan selama 8 tahun ini sudah mencetak sekitar 1.600 siswa. Namun dalam perjalanannya, kata Wedi, data yang diperoleh terkait lulusan yang telah terserap di AHSS belum maksimal.

"Untuk pendataan lulusan SMK yang sudah terserap di jaringan kita, AHSS belum optimal. Kita juga baru melakukan hal tersebut sejak akhir 2016 ini," ujarnya.

Ia juga menambahkan, hal ini karena banyak lulusan tersebut yang sering mengganti nomor telepon genggamnya yang bisa dihubungi.

"Mereka sering banget gonta-ganti nomor handphone. Tapi dengan koordinasi dengan main diler kami, kami meminta bantuan untuk mengumpulkan data ada nggak anak lulusan SMK dari channel kita yang kerja di sana," ucap Widi.

Berikut data pemenang kontes teknik Honda tahun ini:

Honda Foto: Astra Honda Motor


Tiga siswa SMK terbaik dalam AH-TSC 2017 mendapat apresiasi dari AHM yaitu beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra dan uang tunai sebesar Rp 8.000.000 untuk Juara I, uang tunai sebesar Rp 5.000.000 untuk juara II, dan uang tunai sebesar Rp 3.000.000 untuk Juara III.

AHM juga memberikan apresiasi uang tunai sebesar Rp 1.000.000 kepada seluruh siswa SMK yang berhasil lolos seleksi AH-TSC 2017 hingga tingkat nasional. Seluruh finalis siswa SMK ini juga berkesempatan mengikuti ujian saringan masuk Politeknik Manufaktur Astra secara gratis.

Sementara teknisi dan servis advisor terbaik di kategori AHASS Non MDSC dalam kompetisi AH-TSC 2017 tingkat nasional berhak mendapatkan satu unit sepeda motor. Sedangkan pada kategori AHASS MDSC, peserta terbaik berhak membawa pulang uang tunai Rp 10.000.000. Teknisi dan servis advisor terbaik AH-TSC 2017 berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang Asia Oceania Technical Contest 2018. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed