Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 10 Juni 2017, 03:20 WIB

Motor Listrik Hampir Tidak Perlu Dirawat

M Luthfi Andika - detikOto
Motor Listrik Hampir Tidak Perlu Dirawat Viar Q1 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Motor listrik banyak yang memandang sinis. Mulai dari harga yang dinilai mahal, sampai perawatan yang sulit. Tapi hal ini terbantahkan sudah, dengan lahirnya Viar Q1 yang harganya mencapai Rp 16,2 juta.

Selain memiliki harga yang terjangkau, bisa dipastikan juga motor listrik tidak memerlukan perawatan berlebih layaknya motor konvensional. Seperti yang disampaikan GM Riset dan Pengembangan (R&D) Triangle Motorindo Husni Wijaya.

"Perawatan motor listrik? Yang mau dirawat itu apanya? Motor ini tidak memiliki mesin konvensional yang setiap bulannya harus melakukan penggantian pelumas," kata Husni.

Namun Husni mengakui perawatan motor listrik juga diperlukan, saat terjadi sesuatu.

"Motor listrik hampir tidak ada perawatan, kalau mesin konvensional ada pergantian oli dan lain-lainnya. Kecuali ada pergesekan, ada karat, atau ada benturan, baru motor listrik ini di service," katanya.

Sebelumnya juga dikatakan motor listrik Viar Q1, selain ramah lingkungan motor ini juga sangat mudah dalam perawatannya.

"Ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi, skuter listrik Viar Q1 ini juga minim ongkos perawatan, karena tidak membutuhkan perawatan berkala seperti pergantian oli, busi, atau rantai," ujarnya Corporate Manager Viar Motor Indonesia Deden Gunawan.

Selain itu, motor listrik ini juga dianggap Deden akan lebih efisien bila dibandingkan dengan motor konvensional, yang menggunakan bahan bakar minyak.

"Kalau misalnya ini efisiensi dihitung, nanti 1 liter berapa, ini abisnya dengan motor istrik gimana, gitu," ucapnya.

Lebih lanjut Deden menjelaskan, Bantuan dari pemerintah diharapkan terkait motor listrik ini, mengingat target pemerintah di tahun 2025 yang akan menghilangkan mobil berbahan bakar minyak. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed