Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 09 Juni 2017, 16:07 WIB

Seberapa Cepat Motor Listrik Bisa Berlari?

M Luthfi Andika - detikOto
Seberapa Cepat Motor Listrik Bisa Berlari? Motor Viar Q1 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Masyarakat Indonesia kini bisa mendapatkan pilihan baru skutik bertenaga listrik seharga Rp 16,2 juta lewat Viar Q1. Motor bisa secepat apa larinya?

GM Riset dan Pengembangan PT Triangle Motorindo Husni Wijaya menjelaskan motor listrik Viar Q1 memiliki kekuatan setara dengan 1-1,5 tenaga kuda.

"Penggeraknya itu menggunakan motor dari belakang (pada roda belakang), dari motor ini tenaga listrik itu akan menggerakkan roda belakang. Mekanismenya seperti itu. Dengan 800 watt itu bisa mencapai 1-1,5 tenaga kuda, kalau torsinya saya tidak hafal," katanya.

Husni juga menjelaskan meski hanya setara 1-1,5 tenaga kuda, bukan berarti skuter listrik ini tidak asyik untuk diajak ngebut. "Sebenarnya tidak bisa dibandingkan secara paralel. Seperti 2.0 L turbo,pasti akan lebih kuat 2.7 L atau 3.0 L. Tidak bisa seperti itu, tidak akan paralel seperti itu," katanya.

Video Motor Listrik Viar Q1



"Misalnya seperti ini, mobil bensinnya Jepang cc-nya itu selalu lebih besar dibandingkan dengan mobil Eropa. Mobil Eropa dengan 1.600 cc dan mobil Jepang itu menggendong mesin 2.500 cc, tapi mobil Jepang ini bisa kalah atau sama (performanya). Ini bukan karena cc-nya, karena daya efisien mesin bakar yang berbeda, jadi ibarat 800 watt dengan 1-1,5 Hp, sama 6 Hp jadi kalah? Ya tidak seperti itu," katanya.

Viar Q1Viar Q1 Foto: Mindra Purnomo


Akan tetapi, lanjut Husni. Viar Q1 lahir memang untuk memberikan pengalaman baru untuk pengendara roda dua.

"Tapi jelas, mesin bakar dan listrik itu ya berbeda. Dan di sini bukan mencari atau dibandingkan dengan mesin bakar, tapi ini sesuatu yang lain ke lifestyle yang beda, dan akan memberikan pengalaman yang berbeda," katanya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +