Senin, 08 Mei 2017 15:51 WIB

Modifikasi Vespa Gembel Merusak Komponen Asli

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Ari Saputra/Ilustrasi Foto: Ari Saputra/Ilustrasi
Jakarta - Dalam dunia modifikasi kendaraan apapun dapat dirubah sedemikian rupa. Termasuk Vespa dua tak atau biasa disebut Vespa tua. Salah satu jenis modifikasi yang terbilang tidak wajar pada Vespa tua ini adalah jenis modifikasi RatBikers, atau Vespa gembel.

Dalam jenis modifikasi ini, biasanya penggunanya menyematkan barang-barang yang sebenarnya tidak berguna dan tidak perlu disematkan seperti, plang-plang jalan, tenda, ban-ban bekas, sampai tong sampah.

"Enggak tau sih kalau Vespa gembel itu asal muasalnya dari mana. Yang pasti ngerusak komponen ori-nya," ujar Kepala bengkel Aneka Motor, Black, saat berbincang dengan detikOto, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Kerusakan komponen original yang dimaksud oleh Black adalah mencakup bagian bodi dan mesin Vespa itu sendiri.

"Mesin pemakaiannya jorok, oli kadang pakainya oli bekas, kalau bodi ya diancur-ancurin, dibikin model-model yang kaya berantakan gitu, gembel, begitu lah," tuturnya.

Namun Black, juga tidak menampik bahwa para pecinta modifikai Vespa gembel ini menganggap modifikasi tersebut adalah sebuah seni, yang berbeda dari yang lain.

"Ya kaya dibikin sepan palsu, panjangin sasis segala macam, kan itu ngerusak bodi aslinya, di las segala macam. Tapi ya bagi mereka mungkin seninya disitu," pungkasnya. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com