Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 Februari 2017, 13:20 WIB

Mengintip Dapur Pembuatan Suzuki GSX-R 150 dan GSX S-150

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Mengintip Dapur Pembuatan Suzuki GSX-R 150 dan GSX S-150 Foto: Suzuki
Bekasi - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan segera memperkenalkan motor sport anyarnya GSX-R 150 dan GSX-S 150 pada 18 Februari mendatang. Motor diproduksi di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat.

"Kami saat ini dipercaya sebagai basis global dari Suzuki global untuk domestik dan ekspor. Saat ini GSX-R dan S kita produksi di Tambun 1. Ya tentunya jadi kebanggaan kami untuk dapat diakui dunia internasional dan kualitas internasional," ujar Asisten Kepala Produksi 2W PT SIM, Ivan yoliga kepada wartawan, di Tambun, Bekasi, Selasa (1/2/2017).

Pabrik TambunPabrik Tambun Foto: Khairul Imam Ghozali


Untuk tahap pembuatannya, GSX-R ini melalui beberapa proses, yang bahan dasarnya terbuat dari metal dan plastik. "Mulai dari bahan baku, kemudian dilakukan pressing untuk bahan yang terbuat dari logam, sedangkan untuk bahan plastik dilakukan berupa injection, setelah itu dilakukan welding, lalu painting, dan assembeling," ujar Assistant to Section Head Tehnical Control SIM, Tonie Prasetyo.



Selain itu ada beberapa bagian komponen yang juga dirakit di pabrik ini, yang terbuat dari metal dan plastik untuk GSX-R 150, di pabrik Plant Tambun 1 SIM.


Pekerja merakit motor SuzukiPekerja merakit motor Suzuki Foto: Khairul Imam Ghozali

"Bagian metal yakni berupa frame, fuel tank, swing arm, muffler, dan rim wheel. kalau yang plastik untuk body parts terbuat dari (polimer) ABS (Akrilonitril Butadiena Stirena), dan PP (Polipropilena)," tutur Tonie.

Pabrik Plant Tambun 1 SIM ini berdiri di tanah seluas 14 hektar. Sedangkan untuk kapasitas maksimal produksi mencapai angka 1.200.000 unit pertahun. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +