Pemprov Bali Siap Beli 10.000 Motor Listrik Gesits

Prins David Saut - detikOto
Sabtu, 12 Nov 2016 11:58 WIB
Foto: Garansindo
Denpasar - Motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) telah tiba di Bali setelah menempuh kira-kira 1.500 km dari Jakarta. Pemprov Bali melalui Gubernur Made Mangku Pastika disebut berencana membeli Gesits sebanyak 10.000 unit.

"Harganya jangan mahal-mahal. Kalau bisa harganya setengah saja dulu," kata Pastika di Gedung DPRD Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (12/11/2016).

Motor listrik buatan anak negeri itu rencananya akan dijual dengan harga di bawah Rp 20 juta di tahun 2017. Motor menggunakan baterai berkapasitas 6 kWh atau setara 125 cc pada motor berbahan bakar minyak. Kemampuan jelajah maksimum motor yang dikembangkan ITS ini adalah 70 km dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Pengisian membutuhkan waktu selama 90-180 menit untuk memenuhi baterai ion lithium sebagai sumber daya. Oleh karena itu, Gubernur Pastika menilai Gesits cocok untuk Pulau Dewata yang sedang mengampanyekan Green Province.

"Green economy dan green province bisa terwujud. Jadi kalau bisa diterapkan di Bali, Bali itu bisa naik kualitasnya," ujar Pastika.

Ia berencana Gesits akan digunakan lebih dulu oleh PNS Pemprov Bali dan disebarkan ke PNS Pemkab dan Pemkot. Sehingga, perkiraan total Gesits yang akan digunakan sekitar 20.000 unit, dengan harga per unit sekitar Rp 15 juta.

"Memang ini persoalan ekonomi, pasar untuk Gesits sudah ada yaitu para PNS Provinsi Bali. Tapi itu tadi, kalau bisa subsidi," ucap Pastika.

Pastika turut menyambut 3 unit Gesits bersama Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Moh Nasir. 3 Unit Gesits itu telah sukses menyelesaikan uji efisiensi dan ketahanan Tour de Jawa Bali.

(vid/ddn)