Yamaha Tak Tertarik Jual Motor 'Ayam Jago'

Aditya Maulana - detikOto
Sabtu, 11 Jul 2015 16:01 WIB
Jakarta - Kabar yang tengah santer belakangan ini adalah rencana Honda yang akan meluncurkan motor 'ayam jago' pesaing Satria FU bulan depan. Melihat persaingan itu, Yamaha Indonesia sama sekali tidak tertarik untuk menjual motor disegmen itu.

Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur menjelaskan, dari dulu Yamaha sudah pernah bermain disegmen motor itu dengan menghadirkan Yamaha Champ dan Tiara. Tapi menurut Yamaha pasarnya tidak terlalu besar.

"Kita sudah pernah bermain disegmen itu. Pasarnya juga hanya segitu saja tidak besar dan berkembang," kata Masykur di sela-sela acara pelepasan mudik bareng Yamaha di Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (11/7/2015).

Motor 'ayam jago' Yamaha pertama diluncurkan pada tahun 1992-1993 yakni Champ dan diawal tahun 2000-an Yamaha meluncurkan lagi motor yang bernama Tiara.

"Alasan utamanya itu karena pasarnya tidak berkembang jadi kita tidak tertarik. Biarkan saja kompetitor bersaing, namanya juga bisnis," ujarnya.

Lebih dari itu, menurut Masykur pihaknya lebih memilih memasarkan motor Jupiter MX King yang penjualannya jauh lebih besar ketimabang segmen motor 'ayam jago'.

"Kita menyebut MX King bukan 'ayam jago' tapi bebek super. Kalau kita bilang 'ayam jago' nanti kompetitor marah," katanya sambil tersenyum.

Penjualan MX King itu sendiri lanjut Masykur dalam 3 bulan (Maret, April, Mei) sudah mencapai 5.786 unit.

"Kalau kita bikin lagi motor 'ayam jago' percuma dong pasarnya nanti dibagi dua," tuntasnya.

(ady/ady)