Selasa, 15 Jul 2014 08:53 WIB

Motor Tanpa Gigi Dominasi Penjualan Yamaha

- detikOto
Jakarta - Motor-motor tanpa gigi alias matik masih menjadi primadona penjualan Yamaha tahun ini. Motor matik seperti Fino FI dan GT Series semakin menunjukkan dominasinya.

"Iya skutik masih paling tinggi penjualannya," ujar GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo, kepada detikOto di Jakarta.

Total penjualan motor Yamaha sendiri di bulan Juni lalu mencapai sekitar 237.120 unit. Dominasi penjualan matik Yamaha dipegang barisan GT Series.

GT Series adalah backbone penjualan Yamaha di Jakarta dimana 50 persen penjualan matik diperoleh dari GT Series.

Untuk penjualan terbanyak Mio GT berada di atas dengan 43.912 unit, menyusul GT125 23.017 unit dan Soul GT 17.385 unit. GT Series berkontribusi 62% terhadap total penjualan matik di Juni dan 64% sepanjang Januari – Juni.

"GT Series paling laku penjualannya tidak heran karena kualitas dan keunggulannya," ujarnya.

Karena itulah, tahun ini, Yamaha juga menggelar semangat Mudik GT (Gembira & Tenang) yang menggunakan ikon GT Series.

"Tahun ini pun kami menggunakan GT Series sebagai ikon tema Mudik GT (Gembira & Tenang – Gembira Berangkatnya, Tenang Dalam Perjalanannya). Dan memang GT Series motor yang paling banyak diangkut di Mudik GT tahun ini seperti yang sudah masuk dalam pendaftaran sekitar 50%," ujarnya.

Sementara untuk skutik retro Fino FI meningkat 58 persen, dari 10.964 unit di Mei menjadi 17.286 unit di Juni.

Peningkatan ini karena gencarnya promosi dan aktivitas outdoor Fino FI yang diluncurkan Januari lalu di Bali. Salah satunya video filler A Day With Mio Fino, Jelajahi Jakarta hanya dengan Rp 50.000.





Sementara untuk penjualan Yamaha bulan Juni di kategori bebek, Jupiter MX berkontribusi tertinggi untuk Yamaha 21.375 unit atau naik 10% dibandingkan Mei. Vega RR terjual 15.664 unit atau naik 24% dibandingkan Mei.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com