Adu Irit Skutik Injeksi

Konsumsi BBM Honda BeAT 1 Liter Tembus 57,5 Km

- detikOto
Senin, 24 Mar 2014 17:36 WIB
Jakarta - detikOto menjajal keiritan motor skutik injeksi yang dipasarkan di Indonesia. Ada 3 motor yang diuji oleh detikOto, di antaranya Honda BeAT, Suzuki Nex dan Yamaha Mio J.

Pengujian adu irit itu menggunakan metode 1 liter tembus atau sampai berapa km. Pertamanya, ketiga motor yang tangki bensinnya masih penuh dikosongkan terlebih dulu sampai motor benar-benar tidak menyala.

Setelah itu, masing-masing sepeda motor diisikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dengan RON 92 masing-masing 1 liter.

Sebelum menguji, para pengendara terlebih dulu dilakukan penimbangan berat badan. Peralatan keamanan pun dikenakan seperti helm, jaket dan sarung tangan.

Brumm, suara mesin pun mulai dinyalakan secara berbarengan dan bendera pun mulai diangkat. Ketiga motor berjalan dari markas detik.com yang berada di bilangan Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan secara beriringan dengan kecepatan minimal 40 km/jam dan maksimal di 50 km/jam.

Dari kantor detikcom, perjalanan berlangsung hingga ke kawasan Kuningan dan berbelok tepat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuju jalan Jendral Sudirman lanjut lagi ke Gatot Subroto, MT Haryono lalu putar balik di daerah Cawang dilanjutkan ke kawasan Ragunan, Kemang, Fatmawati, Pondok Indah, Arteri Pondok Indah, Kemang dan berakhir di detikcom

Kondisi di jalanan cukup beragam, macet dibeberapa titik pun banyak ditemukan oleh ketiga riders. Tapi sebelum sampai ke kantor detikcom, diantara ketiga motor itu sudah ada yang tumbang.

Selama di perjalanan, semua riders dilarang curang seperti mengisi bahan bakar di tempat lain, hingga mematikan mesinnya saat lampu merah. Cara berkendara pun dilakukan dengan sewajarnya, hanya saja kecepatannya dilakukan konstan dengan kecepatan minimal 40 km/jam hingga maksimal 50 km/jam.

Hasilnya, melirik ke odometer, BeAT menjangkau 1075,1 km, sedangkan dari posisi awalnya 1017,6. Itu artinya untuk Honda BeAT bisa berjalan sejauh 57,5 km dengan bahan bakar 1 liter bensin.

Sebelum benar-benar mati total, Honda BeAT ini ternyata bisa menyimpan cadangan bensin yang terletak di filter tangki bahan bakar. Sepertinya ini yang menyebabkan BeAT masih bisa berlari lebih jauh lagi.

Jadi, ketika motor sudah tersendat-sendat dan mati pertama kali saat distarter lagi masih bisa menyala dan dijalankan lagi. Hal itu terjadi hingga 3 kali mati, untuk keempat kalinya motor itu benar-benar tidak bisa dinyalakan lagi dan dinyatakan bahan bakarnya habis.

Namun tak bisa disangkal, BeAT harus mengakui keunggulan konsumsi BBM Suzuki Nex yang menembus 60,3 km untuk 1 liter bensinnya. Hampir beda tipis Otolovers!



(ady/ddn)