Adu Irit Skutik Injeksi

Suzuki Nex Catat Angka Konsumsi BBM 1 Liter untuk 60,3 Km!

- detikOto
Senin, 24 Mar 2014 16:37 WIB
Jakarta - Pasar roda dua Indonesia disesaki motor skutik berteknologi injeksi. Tapi sayang konsumsi bahan bakar minyak motor skutik masih dipertanyakan keiritannya, salah satunya Suzuki Nex. Tak sedikit yang meragukan konsumsi BBM skutik ini.

Nah, untuk itu tak ada salahnya kita mencari tahu seberapa irit konsumsi BBM skutik ini bersama 2 skutik sekelas yaitu Honda BeAT dan Yamaha Mio J dalam satu hari dan kondisi jalan yang dilalui sama yaitu di dalam perkotaan kota Jakarta.

Menarik dari pengujian ini, setiap skutik hanya mendapat jatah 1 liter bensin RON 92, yang selanjutnya harus dihabiskan sejauh mungkin. Skutik mana yang mampu menjelajah paling jauh, dia adalah pemenangnya.

Sebelum uji coba dilakukan, tangki BBM harus dikuras dahulu sampai kering. Setelah dikuras, motor dinyalakan sampai mesinnya mati. Selanjutnya menuangkan 1.000 mililiter bensin Ron 92. Volume bensin telah diukur keakuratannya menggunakan gelas ukur.

Untuk menjaga bensin tidak menguap, detikOto harus menuangkan bensin ke tangki BBM di tempat yang tidak terpapar matahari langsung. Setelah dipastikan semua skutik terisi, baru pengujian dilakukan. Pengujian ini melibatkan 3 orang tim detikOto.

Bobot masing-masing rider ditimbang dan selanjutnya memilih motor secara acak. Tidak ada penunjukkan secara langsung karena pengujian ini bebas. Dengan berat tubuh 67 kg, saya mendapat kesempatan menunggangi Suzuki Nex. 2 rider lainnya mengendarai Honda BeAT dan Yamaha Mio J.

Rute yang ditempuh mulai dari redaksi detikOto di Warung Buncit-Kuningan-Diponegoro-Jenderal Sudirman-Gatot Subroto-MT Haryono dan putar balik di Cawang, Mampang-Ragunan-Kemang-Fatmawati-Terogong-Pondok Indah-TB Simatupang-Fatmawati-Antasari-Kemang dan finish di kantor detikcom.

Perjalanan dimulai pukul 13:00 sampai 15:30 WIB. Saat itu kondisi jalan bervariatif mulai lancar, macet, tanjakan, turunan. Teriknya sinar matahari juga mewarnai laga uji saat itu, dan tentu saja menjadi tantangan tersendiri.

Kecepatan skutik cukup terjaga di antara 30-40 km/jam. Sesekali menyentuh 50 km/jam ketika melintasi jalan MT Haryono. Kami mencoba menyamakan kecepatan untuk membuktikan mana yang boros dan mana yang hemat.

Sempat beristirahat di daerah Terogong, Jakarta Selatan untuk mengembalikan kondisi tubuh agar tetap fit. Tidak lama, hanya sekitar 10-15 menit. Perjalanan diteruskan untuk menghabiskan sisa bahan bakar minyak.

Sebelum memulai perjalanan sempat berpikir berapa kilometer lagi yang mampu ditempuh skutik Suzuki Nex. Pasalnya setelah berkeliling sekitar 2 jam, skutik Suzuki Nex belum mengeluarkan sinyal menyerah. Dari Terogong, perjalanan diterus ke TB Simatupang-Fatmawati-Antasari-Kemang.

Nah, di daerah Kemang, Jaksel skutik Nex mulai kewalahan. Gejala mesin menyendat mulai terlihat di daerah tersebut. Sempat mati mesin, dan menyala kembali dan masih bisa jalan sekitar 1 km sebelum berhenti total di depan Dominos Pizza Kemang, Jaksel.

Saat itu, mesin 113 cc benar-benar kehabisan bensin dan tidak bisa menyala lagi. Melirik ke speedometer, odometernya menunjukkan angka 65,7 km sedangkan posisi awal 5,4 km. Itu artinya berdasarkan hasil uji irit, Suzuki Nex berhasil menempuh perjalanan 60,3 km! Wah mengalahkan Yamaha Mio di angka 1:51!

Berapa angka konsumsi BBM Honda BeAT, apakah sanggup mengalahkan angka Suzuki Nex? Sabar, tunggu artikel selanjutnya!



(ikh/ddn)