Ampun! Bocah Tiduran di Kap Mesin BMW M4 dan Mainan di Atas Mobil Pameran

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 16:08 WIB
Kontes modifikasi IAM x IIMS Motobike Show 2021
Pameran modifikasi mobil Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pameran IAM x IIMS Motobike Show 2021 meninggalkan sedikit cerita tak menyenangkan terkait kesadaran penonton yang datang. Muncul di media sosial postingan mobil-mobil yang dipamerkan dapat perlakuan 'tak layak' dari penonton. Sampai-sampai sebuah BMW M4 kapnya dinaiki balita.

Postingan tersebut diunggah oleh beberapa akun instagram, salah satunya modifikator Kiki Anugraha. Dia menceritakan ada beberapa mobil dari konsumen hingga rekannya yang mengalami kerusakan.

"Rasanya seperti sakit tidak berdarah," kata Kiki kepada detikcom, Senin (29/11/2021).

"Kap mesin dibuat maen mobil-mobilan baret, bemper kawan pecah, side skirt konsumen Karma diinjak, fender kawan digelantungin sambil injak splitter, mobil cabrio kawan saya dikunci lalu anak kecil lompat masuk nyetir," urai Kiki.

Seperti diketahui area event bertempat Mall Senayan Park (SPARK), pengunjung bisa melihat area atrium di sebelah timur dan barat koridor secara cuma-cuma alias gratis. Latar belakang pengunjung pun datang dari beragam kalangan.

Pameran otomotif Indonesia Automodified (IAM) x IIMS Motobike resmi bergulir di Senayan Park, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/2021). Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini memamerkan Mobil, Modifikasi, dan Lifestyle Show terbesar di ASEAN, diantaranya Thailand, Singapura, dan Malaysia.Pameran otomotif Indonesia Automodified (IAM) x IIMS Motobike resmi bergulir di Senayan Park, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/2021). Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini memamerkan Mobil, Modifikasi, dan Lifestyle Show terbesar di ASEAN, diantaranya Thailand, Singapura, dan Malaysia. Foto: Grandyos Zafna

Kiki menceritakan proses pengerjaannya tidak hanya menghabiskan uang, waktu, dan tenaga. Satu hal yang diperhatikan habis-habisan ialah soal detail.Bagi para pelaku modifikasi, khususnya mobil, melakukan modifikasi pada mobil dengan berbagai macam cara dan bentuk merupakan salah satu hobi yang mereka salurkan.

"Kadang banyak bagian part yang misalnya lips velg luka. Lips velg apalagi warna, dicat nih itu akan belang dengan tiga velg yang lain," ujar Kiki.

"Kita modifikator orangnya detail, bawel. Kita mau men-support industri nomor satu. Tapi kalau begini kita jadi takut untuk datang ke event," tambah Kiki.

Kiki menceritakan beberapa mobil yang dipajang seolah menjadi wahana bermain anak-anak. Untuk urusan hal ini dia mempertanyakan peran orang tua.

"Nomor satu yang saya salahkan adalah orang tua, saya juga punya anak, dari umur 1,5 tahun sudah ikut saya ke acara mobil. Tapi apakah mereka pegang-pegang mobil? merusak properti orang lain, tidak. Karena saya sudah didik dari kecil," jelas dia.


Kiki menekankan saat berkunjung ke pameran mobil. pastikan memerhatikan etika dan aturan sebuah pameran, supaya tidak melakukan hal merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Di postingan saya ada BMW M4 terbaru, ada anak kecil ditaruh di kap mesin. Habis itu bapaknya di sampingnya. Pantes nggak saya marah? salah tidak orang tuanya?," ujar Kiki.

"Tujuan saya mengedukasi, kerusakan yang saya alami dan teman-teman itu cukup banyak dan menyakiti hati," tambah dia.

[Lanjut Halaman Berikutnya: Tanggapan Penyelenggara Pameran]