Bosan dengan Tampilan Helm, Airbrush Aja Nggak Mahal Kok!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 04 Agu 2021 19:32 WIB
Modifikasi helm Kyt K2 Rider desain Venom V-2 oleh RJ Paintwork
Modifikasi helm Kyt K2 Rider desain Venom V-2 oleh RJ Paintwork Foto: Istimewa/RJ Paintwork
Jakarta -

Bagi pengendara motor terlebih pecinta helm, pasti tahu betul helm dengan desain bagus pasti memiliki harga mahal. Akan tetapi banyak dari pengendara merasa enggan memiliki helm mahal, karena terbentur kebutuhan lainnya.

Tenang detikers, untuk bisa memiliki helm keren tidak selalu harus mengeluarkan kocek tebal, karena ada solusi lain yang bisa membuat tampilan helm detikers tetap kinclong yaitu repaint. Salah satu metode repaint atau mengganti warna serta desain dari helm yang umum dan trennya sudah ada cukup lama yaitu dengan cara di-airbrush.

Seperti yang dilakukan Rukun Jaya Paintwork (RJ Paintwork), bengkel airbrush helm asal kota Pati, Jawa Tengah, mengatakan saat ini metode airbrush lebih banyak dipilih karena dapat mengeluarkan hasil warna yang lebih 'nyala' dan lebih maksimal.

"Kalau kita, semuanya menggunakan cat dan airbrush. Tapi ada beberapa detail kecil yang mengharuskan memakai water decal," papar Mohammad Nur Fajri pemilik bengkel airbrush helm RJ Paintwork kepada detikOto.

"Lalu, setelah selesai kita masuk ke proses clear coat sebanyak 3-4 lapis tipis dan bertahap lalu kita keringkan selama 12 jam, kemudian kita amplas lagi untuk meratakan permukaan clear coat," papar Fajri menjelaskan proses airbrush helm di RJ Paintwork.

RJ Paintwork sendiri menggunakan cat jenis Nitro Cellulose (NC) dan juga Poly Urethane (PU) untuk proses pengerjaan helm di bengkel mereka.

[Gambas:Instagram]

"Untuk clear coat kita pake dua jenis, yang biasa atau MS merk Autoglow, Belkote dan Hartwell. Yang premium atau HS pakai merk Hartwell dan Sikken," ujar Fajri.

Lalu untuk urusan desain, pemilik helm yang hendak me-repaint atau airbrush helmnya dapat membawa desain sendiri atau meminta desain dari RJ Paintwork.

Untuk urusan harga, modifikasi airbrush helm di RJ Paintwork ini mulai dari Rp 900 ribu.

Sedangkan untuk durasi lama pengerjaan, Fajri mengatakan dapat mengerjakan satu helm dalam waktu satu hingga dua minggu.

RJ Paintwork menariknya punya pelanggan yang datang dari seluruh Indonesia dan ada juga dari luar negeri. Bahkan, sekelas pebalap Asia Road Racing, Ahmad Yudhistira pun mempercayakan helmnya untuk di-repaint oleh RJ Paintwork.



Simak Video "Helm Marquez Bersaudara Dijajakan di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)