Pakai Mesin Jet, VW Kodok Ini Bisa 'Lompat' ke Planet Lain

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 12 Des 2020 14:41 WIB
VW Kodok bermesin jet
VW Kodok bermesin jet. Foto: Craiglist
Jakarta -

Semakin lama umurnya, semakin banyak pula ide-ide modifikasi Volkswagen Beetle atau dikenal VW Kodok. Modifikasi VW Kodok satu ini dijamin belum pernah anda lihat sebelumnya.

Dilihat di Carbuzz, VW Kodok ini menggunakan dua mesin. Satu ditaruh di depan untuk roda depan dan satu lagi mesin jet di belakang. Ya, anda tidak salah membacanya. VW Kodok ini mencangkok mesin jet.

Mengapa dua mesin? Alasannya agar ia dapat digunakan untuk tujuan sekaligus. Mesin depan bisa dipakai untuk keliling kota secara legal. Sementara itu mesin jet General Electric 300 pon (model T58-8F) jika anda ingin menguji nyali.

Mesin jet yang ditempatkan di bagian belakang VW Kodok itu memberikan tambahan 1.350 tenaga kuda. Ia menggunakan kendali khusus berupa tuas throttle yang terletak di sebelah tuas transmisi. Mesin jetnya berputar hingga 26.000 rpm dan idle pada 13.000 rpm.

Lantas apakah mesin jet ini tidak menghancurkan tubuh VW Kodoknya? Mesin jet ditempatkan dengan menggunakan pelat sandwich yang dibaut ke billet aluminium berkontur yang dimasukkan ke dalam rel rangka. Mesin memiliki dudukan yang kokoh dengan busing karet di bagian depan dan belakang yang dapat digeser. Saat memanas, dudukan mesin akan menyesuaikan diri dengan memuai.

Sebuah selimut panas juga harus ditambahkan ke bumper depan agar tidak meleleh saat jet dinyalakan. Tentunya barang ini sangat boros bahan bakar yang tidak mau menerima bensin juga.

Interior mempertahankan sebagian besar tampilan standar dengan pengecualian utama adalah seperangkat alat pengukur mesin jet baru yang mengelilingi roda kemudi.

VW Kodok bermesin jet ini kebetulan dibuat untuk dijual. Jika anda berminat siapkan uang sebesar USD 550.000 atau sekitar Rp 7,7 miliar.



Simak Video "Bikin Pangling! Ini Wujud Suzuki Karimun 2 Pintu dari Ciputat"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)