Selasa, 13 Okt 2020 19:58 WIB

Bangkrut Dihantam Pandemi, Wanita Brasil Ini Sukses Jualan Tanaman Pakai VW Kodok

M Luthfi Andika - detikOto
VW Kodok Ilustrasi VW kodok (Dok. Wisnu Rahadi)
Rio de Janeiro -

Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang kreativitas memang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup. Seperti warga asal Rio de Janeiro, Brasil, bernama Valcineia Machado (51) ini. Jualan tanaman dan bunga menggunakan mobil VW klasik dia dapat pemasukan lumayan.

Siapa yang melihat Volkswagen Beetle 1969 ini pasti akan tercengang karena wujud dan peruntukannya yang menyalahi kodrat. Mobil VW ini disulap menjadi menjadi toko berjalan yang menjual beragam tanaman dan bunga.

Machado membuka 'gerai' bunga dan tanamannya ini di salah satu sudut jalanan Copacabana. VW klasik 1969 ini diselimuti berbagai bunga seperti bunga anggrek, pakis dan bunga matahari pada setiap sudut mobilnya, bahkan bagasi pun disulap menjadi tempat penyimpanan bunga.

"Saya tidak memiliki uang sama sekali untuk membayar sewa, jadi saya mulai berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk bertahan hidup," kata Valcineia

Himpitan ekonomi membuat Valcineia membanting setir hidupnya dari sebelumnya bekerja di perusahaan real estate dan kini menjadi penjaja tanaman dan bunga.

Ternyata keberadaan VW klasik penjual tanaman ini menarik perhatian banyak orang, apalagi letaknya di pusat keramaian pantai Copacobana.

Pada akhirnya jualan Valcineia jadi perbincangan masyarakat Rio de Janeiro. Itu semua berujung pada keuntungan besar yang dia dapat. Bahkan dikatakan dalam waktu 3 hari, dia berhasil mengumpulkan dana cukup besar untuk bisa menutupi sepertiga biaya membeli VW kodok klasik 1969 tersebut.

Bagaimana detikers, langkah Valcineia ini bisa menginspirasi kita semua untuk bisa semakin kreatif mengakali masa pandemi dan tetap bertahan dalam keadaan apapun bukan?



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com