Senin, 12 Okt 2020 14:07 WIB

Mobil Sport Pakai Sensor Wajah, Pebalap Lumpuh Bisa Balapan Lagi

Rizki Pratama - detikOto
Seorang pebalap yang lumpuh bisa balapan lagi berkat aplikasi sensor wajah pada mobil Mobil sport dengan sensor wajah. Foto: Speedway Motors
Jakarta -

Seorang pebalap bernama Sam Schmidt mengakhiri karirnya di tahun 2000 setelah kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhan. 20 tahun berselang, Schmidt kembali lagi ke lintasan berkat kemajuan teknologi mengemudi mobil.

Hal ini memungkinkan berkat modifikasi khusus Chevrolet Corvette C8 yang dapat dikendarai tanpa menggunakan kaki dan tangan. Lalu bagaimana bisa? Rupanya mobil ini menggunakan perangkat sensor wajah untuk sistem kendalinya, seperti dikutip carbuzz, Senin (12/10/2020).

Fitur ini merupakan iterasi terbaru dari konsep Semi-Autonomous Motorcar (SAM) yang pertama kali diaplikasikan pada Corvette C7 tahun 2014 lalu. Kini Corvette C8 diberikan sentuhan serupa untuk dipakai oleh Speedway Motors berkompetisi di ajang balapan. Pemasangan fitur sensor wajah sebagai kendali mobil ini dikerjakan oleh Arrow Electronics.

Mobil Balap Sensor wajah Pada Corvette C8Mobil Balap Sensor wajah Pada Corvette C8 Foto: Pool (Carbuzz)

Untuk mengontrol mobil Chevrolet Corvette SAM, Schmidt menggunakan gerakan kepala, memiringkan kepalanya ke satu arah atau yang lain sambil mengenakan headset khusus rancangan Arrow Electronic dengan pemancar inframerah. Cahaya inframerah dari pemancar tersebut ditangkap oleh sepasang kamera yang dipasang di dasbor.

Sementara itu untuk Akselerasi dan pengereman menggunakan perangkat sip-and-puff. Itu merupakan sebuah tabung yang mengarah ke depan mulut pengemudi, di mana ia menghirup atau mengembuskan napas untuk mengaktifkan throttle dan rem.

Balapan ini memang terdengar berbahaya apalagi di lintasan balap dengan mobil seperti ini. Tenang saja, seorang asisten dari Speedway Motors ada di sebelah Schmidt jika sesuatu terjadi di luar kendali.

Mobil Balap Sensor wajah Pada Corvette C8Mobil Balap Sensor wajah Pada Corvette C8 Foto: Pool (Carbuzz)

Di kursi sebelahnya tempat si asisten ada kontrol kemudi pula, jadi mirip seperti mobil-mobil di sekolah mengemudi. Ada stir dan pedal di sana. Akan tetapi Schmidt bukan orang asing di dunia balap. Ia tentu tahu apa yang dilakukannya.



Simak Video "Balap Mobil Liar di Senayan, Polisi Gencar Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com