Rabu, 09 Sep 2020 14:42 WIB

Bukan 'Starling' Biasa, Jualan Kopi Keliling Ini Berkelas Pakai Moge

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi motor Ural jadi kafe keliling Modifikasi motor Ural jadi kafe keliling. Foto: Bike Exif
Jakarta -

Modifikasi motor tidak melulu berbicara tentang karya seni yang layak dilombakan pada kontes-kontes modifikasi. Modifikasi motor juga bisa digabungkan dengan jiwa dagang si empunya. Contohnya seperti karya modifikasi motor perang asal Rusia ini, yang disulap menjadi kafe keliling.

Modifikasi tersebut merupakan buatan Gasoline Motor Co, untuk kedai Alternative Dairy Co di Australia. Basis modifikasi ini menggunakan motor perang asal Rusia, Ural. Dalam kondisi standar, Ural punya desain ikonik, dengan tambahan sespan di samping kirinya. Sespan ini biasanya digunakan untuk mengangkut tambahan penumpang.

Modifikasi motor Ural jadi kafe kelilingModifikasi motor Ural jadi kafe keliling Foto: Bike Exif

Karena bakal digunakan untuk kendaraan niaga, fungsi sespan itu pun dialihkan untuk mengangkut berbagai perlengkapan. Di antaranya mesin penggiling kopi, mesin pembuat espresso besutan La Marzocco, ruang penyimpanan kering, termasuk tempat pembuangan sampah.

Agar semua peralatan itu bisa ditampung, modifikator menambahkan roll bar untuk memperkuat struktur sasis. Ini penting dilakukan karena di bagian tengah sespan disisipkan lemari es berkapasitas 15 liter yang ditenagai kompresor 12V. Selain itu, di bawah sespan juga menjadi tempat bagi dua tangki air berbahan aluminium, berkapasitas 45 liter.

Modifikasi motor Ural jadi kafe kelilingModifikasi motor Ural jadi kafe keliling Foto: Bike Exif

Dengan spesifikasi standar militer, Ural sendiri sebenarnya sudah memiliki struktur yang kokoh, sehingga sasis dapat digunakan untuk membawa peralatan pembuat kopi. Namun Gasoline tetap menambahkan sokbreker custom merek Icon dari Australia untuk mengatasi beban ekstra tersebut. Dengan struktur yang sudah diperkuat, Ural yang disulap jadi kafe keliling ini disebut sanggup melaju hingga 80 km/jam.

Motor niaga ini mendapatkan finishing warna hijau navy dengan sentuhan grafis klasik. Kesan klasik itu makin kuat karena bagian roda menggunakan pelek jari-jari yang diselimuti ban gendut ala motor Bobber.

Kalau melihat konsepnya, beda-beda tipis dengan 'Starling' (Starbucks Keliling) yang wara-wiri di jalanan Jakarta, ya?

Modifikasi motor Ural jadi kafe kelilingModifikasi motor Ural jadi kafe keliling Foto: Bike Exif


Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com