Jumat, 07 Sep 2018 17:49 WIB

Pemilik Bangga Kalau Truknya Dimodifikasi

Usman Hadi - detikOto
Barisan truk modifikasi yang akan mengikuti Festival Truck Yogyakarta Foto: Usman Hadi Barisan truk modifikasi yang akan mengikuti Festival Truck Yogyakarta Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Puluhan truk cakep mejeng di jalanan Kota Yogyakarta. Truk modifikasi dari berbagai daerah tersebut berkeliling di tengah kota. Parade truk ini mengawali Festival Truck Yogyakart di Jogja Expo Center (JEC) Bantul pada tanggal 8-9 September besok.

"Pertama kami ingin mewarnai Yogya istimewa dengan sesuatu yang istimewa. Ini pertama kalinya ada gelaran festival truk," kata Ketua Penyelenggara Festival Truk Yogyakarta Indro Kimpling Suseno kepada wartawan, Jumat (7/9/2018).




Pantauan detikOto, parade truk cakep dimulai di Jalan Ipda Tut Harsono tepatnya di timur Balai Kota Yogyakarta pukul 09.13 WIB. Parade truk cakep tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Kapolresta Kombes Pol Armaini.

Rute parade yakni Jl Ipda Tut Harsono - Jl Kenari - Jl Gayam - Jl dr. Sutomo Jembatan Layang - Kridosono - Jl Abubakar Ali - Jl Malioboro - Jl P Senopati - Gindomanan - Jokteng Wetan ke Timur - Tungkak - Jl Veteran - Gedong Kuning - JEC.

Indro menuturkan ada 30 truk cakep mejeng di jalanan Kota Yogyakarta. Parade truk cakep tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa cara berkreatifitas bisa melalui banyak media, termasuk truk.

"Kan tidak terbayang truk bisa dikreasikan seperti ini. Jadi ternyata dari kalangan owner truk itu ada semacam suatu kebanggaan untuk merias truknya dengan total, yang menghabiskan energi dan biaya yang tak sedikit," ujarnya.

Adapun owner truk yang berpartisipasi di Festival Truck Yogyakarta berasal dari 14 daerah di seluruh Indonesia. Di antaranya dari Kalimantan Barat, Padang, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Lombok, dan beberapa wilayah lainnya.

"Kami ingin membuktikan bahwa dunia truk ini dekat dengan dunia kreatifitas. Kadang-kadang kita pikir itu angkutan biasa. Kami ingin memberikan suatu derajat seni kreatifitas yang tinggi kepada dunia truk di Indonesia," paparnya.

Sementara Heroe Poerwadi mengapresiasi terselenggaranya Festival Truck di Yogyakarta. Menurutnya, festival dan parade truk cakep tersebut berhasil memberikan warna tersendiri bagi dunia seni modifikasi.

"Sebenarnya sopir truk sejak dulu kreatif-kreatif. Sementara sekarang ini mereka (owner truk) melakukan modifikasi yang luar biasa, dengan berbagai macam sentuhan seni kreatif," pungkas Heroe. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com