Unik tapi Keren, Modifikasi Motor Suzuki Jadi Jet Ski

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 02 Feb 2022 07:11 WIB
Modifikasi Motor jadi jet ski darat
Wujud motor yang dimodifikasi jadi jet ski (Studio Mesin)
Jakarta -

Modifikasi motor yang satu ini dijamin beda dari yang lain. Bukan merujuk pada motor-motor yang tengah jadi tren, oleh pemiliknya motor tersebut malah diubah wujudnya menjadi jet ski.

Adalah Studio Mesin yang menghasilkan karya modifikasi unik serta menarik ini. Wujud motor yang sudah berubah menjadi jet ski jadi-jadian ini bisa dilihat pada akun Instagram mereka @studiomesin. Dalam salah satu unggahannya, motor jetski tersebut malah sudah dicoba di jalan raya.

Dilihat dengan mata telanjang, motor yang aslinya adalah sebuah Suzuki ini sudah tak lagi terlihat sebagai sebuah kendaraan roda dua. Wujudnya sudah berubah total setelah dipasangkan body jet ski. Sama seperti jet ski sungguhan, di bagian tengah terdapat setang kemudi untuk mengendalikan sepeda motor unik ini.

Satu-satunya yang bisa meyakinkan bahwa ini sebenarnya adalah sebuah motor adalah dua roda yang masih ditemui di bagian bawah - tertutup body jet ski yang lumayan lebar.

Tampilannya makin spesial karena mengusung kelir hitam di bagian belakang serta grafis api berwarna merah pada bagian depan jetski darat itu. Joknya juga dibuat single seat, sehingga tidak memungkinkan membawa dua orang penumpang.

Studio Mesin mengatakan, modifikasi unik yang dilakukan oleh mereka karena terinspirasi dari para pegawai yang ingin sekali berlibur ke pantai, salah satunya bermain air dengan jet ski. Namun karena tidak punya banyak waktu, akhirnya muncul ide membuat modifikasi motor jet ski.

Modifikasi Motor jadi jet ski daratModifikasi Motor jadi jet ski darat Foto: Studio Mesin

"Inspirasi Studio Mesin membuat motor jet ski itu karena kita yang kerja di sini ingin sekali liburan ke pantai untuk menghabiskan waktu seharian bermain air atau jet ski, tapi tidak punya banyak waktu untuk berlibur sekaligus lokasi tempat tinggal kita jauh dari pantai," kata Studio Mesin kepada detikOto.

"Akhirnya terlintas di pikiran untuk membuat jet ski versi darat, yang bisa dipakai di sekitar tempat tinggal," jelasnya.

Lebih lanjut, Studio Mesin mengatakan jika terciptanya sepeda motor jet ski ini juga sebagai bentuk kegelisahan mereka terkait permasalahan banjir di Ibu Kota yang tak kunjung selesai. Sehingga, sepeda motor yang bernama Blacktop Jetsky by Studio Mesin ini bisa digunakan.

Body jet ski tersebut dibeli secara bekas dan dalam keadaan hampir rusak, namun mereka membuat ulang kembali. Untuk membuat satu unit sepeda motor jet ski ini, Studio Mesin menghabiskan waktu kurang lebih lima bulan.

Ada pun sejumlah kesulitan yang dihadapi oleh Studio Mesin dalam menciptakan modifikasi motor tersebut.

"Terhambat oleh situasi pandemi tahun lalu, sehingga menyebabkan kita harus rolling jadwal untuk masuk ke kantor. Selain itu kesulitannya saat adjust (menyesuaikan) rangka motor dengan body jetski," ungkap Studio Mesin.

Modifikasi Motor jadi jet ski daratModifikasi Motor jadi jet ski darat Foto: Studio Mesin

Secara keseluruhan, Studio Mesin menghabiskan biaya hingga lebih dari Rp 10 juta untuk membuat sepeda motor jetski modifikasi itu. Biaya tersebut juga sudah termasuk dengan kelengkapan surat.

Hasil modifikasi tersebut jelas memukau dan berbeda dari biasanya. Meski begitu, Studio Mesin mengaku cukup kesulitan mengendarai sepeda motor jetski tersebut, terlebih saat berhenti di jalanan yang tengah macet.

"Kesulitannya hanya pada saat ingin berhenti di kala jalanan sedang macet. Tapi kami sedang memikirkan desain terbaru agar kekurangan tersebut bisa diselesaikan pada next project," tuturnya.

Apakah sepeda motor jetski tersebut akan dijual kepada publik? Studio Mesin mengaku belum memikirkannya sampai saat ini. Namun, mereka berniat untuk melelang motor jetski itu dan hasilnya akan disumbangkan.

"Untuk saat ini belum sempat terpikirkan untuk dijual secara gamblang. Tapi ada niat untuk dilelang dan hasilnya akan disumbangkan. Kami masih sedang memikirkan prioritas hasilnya akan dicairkan kemana," pungkasnya.

Lihat juga video 'Bangga! Satu Lagi Motor Listrik Made In Indonesia, Namanya Nusa':

[Gambas:Video 20detik]



(din/din)