Ogah Tua! Honda Karisma 2004 Disulap Jadi Honda Monkey Bobber

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 01 Feb 2022 14:26 WIB
Modifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey Bobber
Wujud Honda Karisma yang disulap menjadi motor mini ala Honda Monkey Bobber Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Rainbow Moto Builder, rumah modifikasi asal Kota Sukabumi, Jawa Barat punya solusi buat para pemilik motor bebek jadul yang bosan dengan tampilannya.

Salah satu karya mereka adalah memodifikasi Honda Karisma lansiran 2004 menjadi ala Honda Monkey bergaya Bobber.

Modifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey BobberModifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey Bobber Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Adega Anggayasta pemilik dari Rainbow Moto Builder mengatakan tren modifikasi ala Honda Monkey ini sedang meningkat. Bahannya beragam, namun rata-rata berasal dari motor bebek Honda angkatan 2000-an awal.

"Modifikasi ala Honda Monkey Bobber ini salah satu yang lagi ramai yah. Tahun kemarin aja, total kita bisa dapat pesanan 10 sampai 15 unit," papar Adega kepada detikOto.

Untuk membuat Honda Karisma jadul menjadi Honda Monkey Bobber, Rainbow Moto Builder hanya membutuhkan mesin, engine mounting, dan frame depan.

Setelah memotong rangka, Rainbow Motor Builder membuat sub-frame baru dengan model jok yang rendah dan jok tunggal. Ini sesuai dengan konsepnya motor kecil ala Honda Monkey, namun dengan sentuhan Bobber.

Modifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey BobberModifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey Bobber Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Bagian tangki bensin dipindah ke depan layaknya motor sport. Rainbow Moto Builder memuat tangki bensinya secara handmade, namun mengikuti bentuk tangki Honda Monkey. Lalu agar lebih sangar, mereka tambahkan tulisan 'Honda Monkey!'.

Geser ke bawah, terlihat pijakan kaki, rem belakang, hingga shiter pun digeser. Agar kuat konsep Bobber-nya, Rainbow Moto Builder menggunakan pijakan kaki atau footstep model underbone aftermarket.

Nah! Tentu pertama kali melihat motor ini, yang bikin gagal fokus adalah bagian kaki-kakinya. Di depan, Rainbow Moto Builder memasangkan sok model upside down dari Scarlet. Menariknya, sok upside down ini sejatinya milik Yamaha Byson.

Kaki-kaki yang diusung oleh Karisma Monkey Bobber ini adalah pelek jari-jari custom yang ukurannya 12 inci. Asyiknya, pelek mungil ini diberi balutan ban Shinko ukuran 130/70 dan sukses membuat tampilannya kian garang.

Modifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey BobberModifikasi Honda Karisma 2004 Jadi Honda Monkey Bobber Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Di belakang, lengan ayun custom disematkan oleh Rainbow Moto Builder ke Karisma Monkey Bobber ini. Lengan ayun ini ditemani oleh sok ganda merek YSS yang panjangnya 280 mm. Dari pengetesan kami, sok belakangnya punya karakter yang empuk dan asyik dipakai di jalan tak rata sekalipun.

Sektor mesin merupakan bagian vital dari sepeda motor, oleh karena itu Rainbow Moto Builder hanya merestorasinya dan masih mengandalkan part original. Namun yang menarik, mereka menyematkan choke dari shifter sepeda. Choke ini berguna ketika motor susah menyala akibat dingin.

Untuk memodifikasi Honda Karisma lansiran 2004 menjadi sebuah Honda Monkey Bobber seperti ini, Rainbow Moto Builder mematok biaya Rp 25 hingga Rp 30 juta, tergantung dari part yang hendak digunakan.

"Kalau yang ini sih, agak lumayan mahal karena minta upside down dari Scarlet, terus ban Shinko juga harganya agak mahal. Tapi harga bisa disesuaikan tergantung permintaan," tutup Adega.

Sedangkan untuk pengerjaannya, memakan waktu kurang lebih tiga bulan. Menurut Rainbow Moto Builder, lama waktu pengerjaan tergantung banyaknya antrian.

Data modifikasi Honda Karisma 2004 bergaya Honda Monkey Bobber:

Motor: Honda Karisma 2004
Mesin: Standar hanya restorasi
Sok depan: Upside down Scarlet Yamah Byson
Sok belakang: Ganda YSS 280
Pelek: Jari-jari custom ring 12
Ban: Shinko 130/70-12
Tangki: Custom
Tutup tangki: Kawasaki Ninja
Lengan ayun: Aluminium custom
Lampu utama: Aftermarket
Underbone: Aftermarket
Saklar: Yamaha Nmax



Simak Video "Honda Monkey Kustom Versi Murah, Bahannya dari Honda Karisma Jadul"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)