Sadis! Kawasaki Ninja ZX-25R Ini Dipasangi Turbo, Tenaganya Tembus 80 dk

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 19 Jan 2022 18:19 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R turbo garapan Trickstar Jepang
Foto: Trickstar. Kawasaki Ninja ZX-25R turbo garapan Trickstar Jepang.
Jakarta -

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan motor 250 cc terkencang saat ini karena dibekali mesin 4 silinder. Tapi seolah tak puas dengan performa standarnya, Trickstar menanamkan teknologi turbo pada Ninja ZX-25R, sehingga tenaganya tembus 80 dk. Sadis!

Sebagai informasi, Trickstar merupakan tuner Jepang yang juga memproduksi suku cadang berkinerja tinggi untuk meningkatkan kinerja berbagai model sepeda motor dari berbagai pabrikan, termasuk Kawasaki.

Trickstar terkenal dengan produk knalpot racingnya, termasuk swingarm (lengan ayun) atau crash bar untuk model motor tertentu. Trickstar juga kerap terlibat dalam berbagai kompetisi balap motor dan berpasangan dengan Kawasaki.

Nah, seolah gatal dengan performa standar Kawasaki Ninja ZX-25R yang dirasa kurang nendang, Trickstar membenamkan teknologi turbo pada Kawasaki Ninja ZX-25R garapannya.

Sebagai informasi, di atas kertas, mesin standar Kawasaki mampu menghasilkan tenaga puncak 50 dk pada 15.500 rpm (with ram air) dan torsi puncak mencapai 22,9 Nm pada 14.500 rpm.

Dengan teknologi turbo yang disematkan, Ninja ZX-25R kulikan Trickstar bisa melonjak tenaganya hampir dua kali lipat dan mesinnya bisa teriak lebih kencang di rpm tinggi. Hasilnya, tenaga 80 dk pada 18.000 rpm didapatkan. Sadis! Tapi target Trickstar sebenarnya bukan 80 dk, melainkan di 90 dk.

Teknologi turbo pada Ninja ZX-25R garapan Trickstar diletakkan di bagian depan, di samping exhaust manifold. Secara umum, turbo berfungsi untuk menambah pasokan udara di ruang bakar dengan cara memampatkannya. Dengan banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar, maka secara otomatis letupan tenaga akan lebih besar.

Pada video pengujian Ninja ZX-25R turbo hasil modifikasi Trickstar, diperlihatkan jika motor ini bisa mencapai kecepatan maksimum 225 km/jam dengan sangat mudah. Ini menjadi luar biasa karena bisa dilakukan oleh sebuah motor sport berkapasitas 250 cc.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)